TELADAN YANG BENAR

 08 MEI

TELADAN YANG BENAR

"Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!"—Mazmur 128: 1.

Jika pernah ada suatu umat yang memerlukan terang dari surga yang bertambah terus, itu adalah umat yang pada waktu kepicikan ini, yang telah dipanggil Allah menjadi pemelihara hukum-Nya yang kudus dan membenarkan tabiat-Nya di hadapan dunia. Mereka yang mendapat suatu kepercayaan yang suci haruslah bersifat rohani, agung, kuat oleh kebenaran yang mereka anut.

Sekarang ini Tuhan berurusan dengan umat-Nya yang percaya akan kebenaran zaman ini. Dia merencanakan hendak membawa suatu hasil yang besar, dan sementara di dalam kuasa-Nya Dia berusaha mencapai tujuan-Nya, Dia berkata kepada umat-Nya: "Majulah." Benar jalan belum terbuka; tetapi bila mereka bergerak di dalam imannya yang kuat dan berani, Allah akan membuka jalan di hadapan mereka. Memang ada orang yang mengomel, sama seperti bangsa Israel dulu kala, serta meletakkan kesalahan kepada orang yang sudah diangkat oleh Allah bagi suatu maksud khusus yaitu untuk memajukan pekerjaan-Nya. Mereka tidak menyadari bahwa Allah menguji mereka dengan membawa mereka kepada keadaan-keadaan yang sukar, dari mana tidak akan ada kelepasan kecuali oleh tangan-Nya.

Adakalanya apabila kehidupan Kristen tampaknya dikacaukan oleh bahaya, dan tugas nampaknya sukar dilakukan. Di dalam angan-angan tergambar kehancuran yang menanti di depannya, serta perhambaan ataupun maut di belakang. Namun suara Allah berkata-kata dengan jelas di atas segala kekecewaan: "Maju terus." Kita patut menurut perintah ini, apa saja pun akibatnya, walaupun mata kita tiada dapat menembusi kegelapan, walaupun kita merasa ombak yang dingin mencengkam kaki kita.

Di dalam kehidupan yang terbagi dan setengah-setengah, engkau akan menemukan kebimbangan dan kegelapan. Engkau tiada akan dapat menikmati hiburan peribadatan, atau pun sejahtera yang diberikan oleh dunia. Janganlah menduduki kursi malas Satan dengan melakukan sedikit saja, tetapi bangunlah engkau, dan bertujuanlah kepada panji-panji yang ditinggikan itu yang jadi kesempatanmu untuk mencapainya. Adalah kesempatanmu yang berbahagia untuk menyerahkan segala sesuatu karena Kristus. Janganlah engkau melihat hidup orang lain serta menirunya sehingga engkau tidak naik lebih tinggi. Bagimu hanya satu sajalah Teladan yang benar dan yang tidak bersalah. Keamanan ada hanya dengan mengikuti Kristus—Nasihat Bagi Jemaat, hlm. 483, 484.

Renungkan Lebih Dalam: Berapa banyak dari keraguan saya yang merupakan hasil dari kegagalan untuk berada sepenuhnya di jalan Tuhan? Kepastian apakah yang hilang karena saya gagal maju bersama Kristus?

Komentar