Bacaan Persembahan Advent | 11 Mei 2024 | MENGURUS KEUANGAN

11 Mei 2024

MENGURUS KEUANGAN

"Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan, dan yang menjadi penanggung utang" (Amsal 22:26).

Kepuasan bukan berarti mendapatkan barang yang kita inginkan, tetapi realisasi betapa diberkatinya kita atas apa yang kita miliki. Dengan kata lain, kita merasa puas bukan karena kita memiliki semua yang kita inginkan, tetapi karena kita mensyukuri berkat Tuhan.

Beberapa orang mungkin berpikir, saya senang dengan mobil saya sampai saya melihat model terbaru itu di dealer. Atau, Saya puas dengan pakaian dan sepatu saya sampai saya pergi berbelanja di mall. Hal ini menunjukkan bahwa ada orang yang tidak pernah puas, tidak peduli seberapa banyak yang mereka miliki.

Terkadang kita berpikir bahwa jika kita memiliki "sedikit lebih lagi", semuanya akan jauh lebih baik. Namun, kebahagiaan kita tidak bisa terikat pada kepemilikan harta benda. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda harus melepaskan impian dan tujuan Anda, tetapi Anda harus puas dengan standar hidup Anda agar tidak terlilit utang.

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan kepuasan finansial:

Langkah 1: Kemana perginya uang saya? Tuliskan semua pengeluaran bulanan Anda, dan kelompokkan ke dalam tiga kategori: (1) pengeluaran tetap, yang tidak dapat diubah (persepuluhan, persembahan, sewa atau hipotek, pajak); (2) pengeluaran tidak tetap (makanan, air, listrik, perawatan medis, gas); dan (3) pengeluaran yang tidak penting (perjalanan, elektronik, kegiatan rekreasi). Dengan mencatat pengeluaran Anda, Anda akan mengetahui bagaimana Anda membelanjakan uang Anda.

Langkah 2: Apa tujuan saya? Apakah Anda perlu melunasi utang? Ingin menabung untuk pengeluaran masa depan seperti membeli mobil, menyekolahkan anak, atau pensiun? Tentukan tujuan. Misalnya, Anda mungkin ingin menabung $300 setiap bulan untuk masa pensiun. Jika itu masalahnya, sertakan jumlah itu dalam anggaran bulanan Anda.

Langkah 3: Bandingkan penghasilan Anda dengan pengeluaran Anda. Apakah penghasilan Anda lebih besar dari pengeluaran Anda? Jika demikian, Anda aman. Sekarang, apakah  pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan Anda? Jika demikian, kembali ke Langkah 1 dan pertimbangkan apa yang dapat diubah. Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak untuk hal-hal yang berlebihan dan tidak perlu.

Panggilan: Dengan mengikuti aturan ini, Anda akan melihat ke mana uang pergi, yang akan menempatkan Anda pada posisi yang baik untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Juga, Anda akan dapat memiliki rencana pengeluaran dan mengendalikan keuangan Anda. Sisanya terserah Anda. Sekarang setelah Anda memiliki pengetahuan yang Anda butuhkan, mintalah Tuhan untuk membantu Anda membuat pilihan yang bijak.

Komentar