BACAAN PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN 2024 - TUJUAN TERBESAR DARI KESETIAAN

TUJUAN TERBESAR DARI KESETIAAN

“Hai anakku, berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku" (Amsal 23: 26).

Tulisan suci hari ini menggambarkan minat terbesar Tuhan. Dia ingin hati kita, yang telah berpaling dari-Nya karena dosa, kembali kepada-Nya. Kita bisa menyebutnya "transformasi karakter".

Bacalah dengan saksama kutipan berikut dari Ellen G. White: "Sistem persepuluhan ini, saya lihat, akan mengembangkan karakter, dan menyatakan keadaan hati yang sebenarnya" (Testimonies for the Church, jld. 1, hlm. 237).

Inilah tujuan sebenarnya dari kesetiaan: untuk mengembangkan karakter dan mewujudkan apa yang benar-benar menguasai hati kita. Kita perlu memahami bahwa "penggunaan" persepuluhan dan persembahan adalah satu hal, dan "tujuan" dari persepuluhan dan persembahan adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Persepuluhan dan persembahan digunakan untuk memajukan pekerjaan Allah, tetapi tujuan pengembalian persepuluhan dan persembahan adalah untuk pengembangan karakter kita.

Jadi ketika kita berbicara tentang kesetiaan di gereja atau kepada anak-anak kita, kita tidak boleh hanya berargumen bahwa pekerjaan Tuhan membutuhkan sumber daya dan bahwa misi perlu dimajukan dan, oleh karena itu, kita perlu setia. Yang benar-benar harus kita tekankan adalah bagaimana keegoisan mengambil alih hati kita ketika kita tidak setia kepada Tuhan.

Bayangkan, misalnya, seorang anak yang menerima uang saku sepuluh dolar dari orang tuanya, dan mengembalikan satu dolar persepuluhan dan satu dolar lagi persembahan. Selama lima tahun, dia akan mengembalikan enam puluh dolar persepuluhan dan enam puluh dolar lagi persembahan. Uang ini tentunya tidak akan memberikan dampak yang besar bagi pemberitaan Injil di dunia, namun mampu memberikan dampak yang besar bagi karakter anak ini selama lima tahun.

Apa yang paling penting bagi Tuhan bukanlah perbedaan uang yang akan dihasilkan oleh persembahan kita, tetapi perbedaan yang akan terjadi dalam mengungkapkan di mana harta kita sebenarnya berada. Oleh karena itu, saya setia bukan karena saya akan mendapatkan sesuatu kembali, bukan karena pekerjaan Tuhan bergantung pada saya, tetapi karena saya memahami peran kesetiaan dalam mengubah karakter saya.

PANGGILAN: Mintalah Tuhan untuk membantu Anda memahami pentingnya kesetiaan untuk pembentukan dan transformasi karakter. Mintalah Dia untuk membantu Anda setia dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam persepuluhan dan persembahan Anda serta membantu mereka yang membutuhkan.

Komentar