BACAAN PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN 20 April 2024

BACAAN PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN 2024-20 April 2024

PERSEMBAHAN MANA YANG LEBIH BERDAMPAK?

"Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu" (Amsal 3: 9).

Apakah Anda ingat hari pembaptisan Anda? Saya yakin kenangan ini mengisi hati Anda dengan emosi dan keinginan untuk melayani Tuhan sepenuhnya. Itulah yang dirasakan Marcos tepat setelah pembaptisannya. Dia dibaptis ketika dia berumur sembilan belas tahun, dan dia memutuskan untuk mencari Tuhan dan melayani Dia dengan sepenuh hati.

Suatu hari dia mendengar seorang pengkhotbah mengatakan bahwa persembahan yang diberikan dan dibagikan menurut prinsip alkitabiah menghasilkan dampak yang lebih luas dan pertumbuhan yang lebih merata. Menginginkan agar persembahannya menghasilkan dampak sebesar mungkin, dia meminta pendeta untuk mengklarifikasi pernyataan itu.

Pendeta mengatakan kepadanya bahwa tindakan memberikan persembahan rutin, serta pembagiannya, harus mengikuti prinsip-prinsip alkitabiah. Tiga prinsip tersebut adalah:

1. Keteraturan. Artinya jika ada pemasukan, pasti ada pengembalian baik persepuluhan maupun persembahan.

2. Proporsionalitas. Persembahan harus diberikan berdasarkan persentase yang dipilih oleh pemberi.

3. Pandangan global. Upaya misionaris kita dan, akibatnya, persembahan kita harus membawa rencana keselamatan ke seluruh dunia, tidak hanya ke daerah di mana kita tinggal. Untuk memungkinkan hal ini, gereja membuat rencana distribusi persembahan yang disebut Rencana Persembahan Gabungan.

Ketika persembahan Anda didistribusikan menurut Rencana Persembahan Gabungan, 50 hingga 60% dari total persembahan kita akan mendukung misi gereja lokal Anda (disponsori oleh anggaran gereja); 20 sampai 30% akan mendukung misi regional (biasanya disponsori oleh konferens/uni/divisi); dan 20% akan mendukung misi internasional, yang diatur oleh General Conference melalui Dana Misi Sedunia.

Di mana Rencana Persembahan Gabungan dipraktikkan (lebih dari 90% populasi Advent dunia), setiap persembahan yang belum ditentukan secara otomatis didistribusikan untuk menyediakan pertumbuhan yang merata bagi proyek dan rencana misionari lokal, regional, dan internasional. Namun di wilayah di mana rencana ini belum diadopsi, jika seseorang juga ingin menghasilkan dampak global yang adil, mereka perlu mendistribusikan secara manual persembahan Janji mereka menggunakan pola yang sama—mencakup kebutuhan lokal, regional, dan internasional.

Marcos berterima kasih kepada pendeta dan pulang ke rumah dengan keputusan bahwa dia akan setia mengembalikan persepuluhan serta persembahan rutinnya.

PANGGILAN: Keputusan ini merupakan penegasan bahwa keinginan kita datang terakhir dan Tuhan dan tujuan-Nya datang pertama dalam hidup kita.

Komentar