TUAN RUMAH YANG SETIA

 30 MARET

TUAN RUMAH YANG SETIA

"Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya"—Matius 13: 52.

"Inilah hidup yang kekal itu," kata Kristus, "yaitu bahwa mereka mengenal I Engkau satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Kristus yang telah Engkau utus." Mengapa sampai kita tidak menyadari nilai pengetahuan ini? Mengapa kebenaran-kebenaran yang mulia ini tidak menyala dalam hati kita, gemetar di bibir kita dan menembusi segenap tubuh kita?

Dalam memberikan Firman-Nya kepada kita, Allah telah menempatkan dalam kita setiap kebenaran yang penting untuk keselamatan kita. Ribuan orang telah mengambil air dari sumur kehidupan ini, namun air itu tidak berkurang. Ribuan orang telah menempatkan Tuhan di depannya dan memandang-Nya telah diubah ke dalam peta yang sama. Jiwanya berkobar-kobar di dalam dirinya manakala mereka berbicara tentang tabiat-Nya, menceritakan apa artinya Kristus bagi mereka dan apa arti mereka bagi Kristus. Tetapi para penyelidik ini tidak kehabisan tema yang besar dan kudus itu. Ribuan orang lagi boleh ikut serta dalam usaha penyelidikan rahasia-rahasia keselamatan. Bila kehidupan Kristus dan sifat dari tugas-Nya direnungkan, sinar-sinar terang akan bercahaya semakin jelas pada setiap usaha untuk menemukan kebenaran. Setiap penyelidikan yang baru akan menunjukkan sesuatu yang lebih menarik daripada yang telah dipahami. Pelajaran ini tidak ada habis-habisnya. Penyelidikan tentang penjelmaan Kristus, pengorbanan grafirat-Nya dan pekerjaan pengantaraan, akan menggunakan pikiran pelajar yang tekun selama waktu mengizinkan dan memandang ke surga dengan tahun-tahun yang tak terhitung, ia akan berkata, "Besarlah rahasia kesalehan."

Dalam masa kekekalan kita akan belajar perkara, yang kalau kita terima keterangannya adalah mungkin untuk mendapatkannya di sini dan akan membuka pengertian kita. Tema penebusan akan menggunakan hati, pikiran, dan lidah umat tebusan sepanjang abad-abad yang kekal. Mereka akan mengerti kebenaran yang Kristus ingin paparkan kepada murid-murid-Nya, tetapi mereka tidak mempunyai iman untuk memahaminya. Terus dan seterusnya pandangan-pandangan baru tentang kesempurnaan dan kemuliaan Allah akan tampil. Sepanjang zaman yang tiada berkesudahan Tuan rumah yang setia itu akan mengeluarkan dari simpanan-Nya harta yang baru dan lama—Seri Membina Keluarga, jld. 5, hlm. 98, 99.

Renungkan Lebih Dalam: Selama zaman Kekekalan yang tak berkesudahan, Yesus akan memberi saya harta berharga dari gudang kebenaran-Nya. Harta apa yang saya ingin Dia ungkapkan terlebih dahulu?

Komentar