PEMBERI PENCERAHAN

13 MARET

PEMBERI PENCERAHAN

"Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi"—Ibrani 1: 3.

Sebagai Wujud pribadi, Allah telah menyatakan diri-Nya di dalam AnakNya. Yesus, pancaran kemuliaan Bapa, "dan gambaran wujud-Nya," (Ibrani 1: 3), berada di bumi sebagai seorang manusia. Sebagai Juruselamat pribadi Dia datang ke dunia. Sebagai Juruselamat pribadi Dia naik ke tempat tinggi. Sebagai Juruselamat pribadi Dia menjadi perantara di pengadilan surgawi. Di hadapan takhta Allah melayani "Seorang yang serupa dengan Anak Manusia" demi kita (Wahyu 1: 13).

Kristus, Terang dunia, menyelubungi kemegahan keilahian-Nya yang menyilaukan dan datang untuk hidup sebagai seorang manusia di antara umat manusia, sehingga mereka dapat, tanpa binasa, mengenal Pencipta mereka. Tidak ada orang yang pernah melihat Tuhan kecuali sebagaimana la dinyatakan melalui Kristus ....

Kristus datang untuk mengajar umat manusia apa yang Tuhan ingin mereka ketahui. Di langit di atas, di bumi, di lautan luas, kita melihat karya tangan Tuhan. Semua ciptaan menyaksikan kuasa-Nya, kebijaksanaan-Nya, kasih-Nya. Tetapi bukan dari bintang-bintang atau lautan atau air terjun kita bisa mempelajari tentang kepribadian Allah sebagaimana yang dinyatakan dalam Kristus.

Tuhan melihat bahwa diperlukan pernyataan yang lebih jelas daripada alam untuk menggambarkan baik kepribadian maupun karakter-Nya. Dia mengutus Anak-Nya ke dunia untuk mengungkapkan, sejauh yang sanggup diterima oleh penglihatan manusia, sifat dan atribut Allah yang tidak kelihatan. .

Seandainya Allah ingin digambarkan sebagai pribadi yang tinggal dalam unsur-unsur di alam—dalam bunga, pohon, puncak rumput—-tidakkah Kristus akan membicarakan hal ini kepada murid-murid-Nya ketika Ia berada di bumi? Tetapi tidak pernah dalam ajaran Kristus Allah dibicarakan dalam hal yang demikian. Kristus dan para rasul dengan jelas mengajarkan kebenaran tentang keberadaan Tuhan yang bersifat pribadi.

Kristus menyatakan segala sesuatu tentang Allah dalam bentuk yang dapat ditanggung atau dimengerti oleh manusia yang berdosa, tanpa binasa. Dia adalah Guru Ilahi, Pemberi Pencerahan. Seandainya Allah menganggap kita membutuhkan wahyu selain dari yang dinyatakan melalui Kristus dan dalam firman tertulis-Nya, Dia akan memberikannya—Testimonies for the Church, vol. 8, hlm. 265, 266.

Renungkan Lebih Dalam: Jika Yesus menyatakan segala sesuatu tentang Allah yang dapat ditanggung oleh manusia yang berdosa, hal apakah yang akan Dia ajarkan kepada manusia tentang Allah sepanjang kekekalan?

Komentar