Tuhan Berkuasa

13 Januari


Tuhan Berkuasa

Sabat Petang

Untuk Pelajaran Pekan Ini Bacalah: Mazmur 8; Mazmur

100 Mazmur 97; Mazmur 75; Mzm. 105: 7-10; Gal. 3: 26-29; Mzm.25: 10.

Ayat Hafalan: “TUHAN adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, TUHAN berpakaian, berikat pinggang kekuatan. Sungguh, telah tegak dunia, tidak bergoyang” (Mazmur 93: 1).

Mazmur dengan teguh menjunjung tinggi keyakinan dasar dalam pemerintahan Allah yang berdaulat. Tuhan menciptakan dan menopang segala sesuatu yang telah Dia ciptakan. Dia adalah Raja yang berdaulat atas seluruh dunia, dan Dia memerintah dunia dengan keadilan dan kebenaran. Hukum dan ketetapan-Nya adalah baik dan membawa kehidupan bagi mereka yang menaatinya. Tuhan adalah Hakim adil yang memastikan bahwa dunia tetap tertata dengan baik, dan Dia melakukannya dengan memberi upah kepada yang saleh dan menghukum yang jahat, tetapi pada waktu-Nya, bukan waktu kita.

Perjanjian Allah dengan Israel memainkan peran khusus dalam mengamankan dunia karena itu menandai keselamatan Tuhan. Tuhan mengadopsi Israel sebagai milik-Nya yang berharga, menjadikan Israel, dari segala bangsa, umat-Nya. Tuhan setia pada perjanjian-Nya dan terus memelihara kawanan-Nya terlepas dari ketidaksetiaan mereka dan, terkadang, pemberontakan terbuka.

Dengan demikian, pemerintahan Tuhan yang berdaulat menjadikan dunia ini kokoh dan aman. Pemazmur ingin agar pembaca memahami kebenaran mendasar ini. Dengan pandangan dunia ini sebagai mercusuar mereka, para pemazmur berusaha untuk berkembang dan melayani Tuhan dengan pengabdian yang tak terbagi.

* Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat, 20 Januari.

Komentar