Pendalaman:

Jumat, 12 Januari

Pendalaman: 

Bacalah Mazmur 42: 9 dan Ellen G. White, “Puisi dan Nyanyian," hlm. 145—153, dalam buku Membina Pendidikan Sejati. Bagai manakah doa dan nyanyian dihubungkan menurut ayat-ayat terinspirasi ini?

Ellen G. White menggambarkan Mazmur Daud yang menyesal (misalnya, Mazmur 51) sebagai bahasa jiwanya dan doa-doa yang mengilustrasikan sifat kesedihan sejati atas dosa (lihat Langkah kepada Kristus, hlm. 34, 35/ Dia mendorong orang-orang percaya untuk menghafal ayat-ayat dari Mazmur sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa kehadiran Tuhan dalam hidup mereka dan menyoroti praktik Yesus meninggikan Suara-Nya dengan Mazmur ketika menghadapi godaan dan ketakutan yang menindas. Dia juga mengatakan: “Betapa sering dengan kata-kata dalam nyanyian kudus, terungkaplah dalam jiwa benih pertobatan dan iman, pengharapan dan kasih serta sukacita! .... Sesungguhnya, banyak nyanyian merupakan doa”—Membina Pendidikan Sejati, hlm. 145-154.

Ketika kita berdoa dan menyanyikan kitab Mazmur, kita mengasumsikan kegigihan, keberanian, dan pengharapan para pemazmur. Mazmur-mazmur ini mendorong kita untuk melanjutkan perjalanan spiritual kita dan menghibur kita bahwa kita tidak sendirian. Orang lain, seperti kita, telah melewati masa-masa kelam namun menang oleh kasih karunia Allah. Pada saat yang sama, kitab Mazmur mengungkapkan kepada kita sekilas perantaraan Kristus yang sungguh-sungguh untuk kita, karena Dia selalu hidup untuk berdoa bagi kita (Ibr. * 7:25).

Melibatkan mazmur dalam doa dan penyembahan membuat komunitas beriman menyadari berbagai pengalaman manusia dan mengajarkan para penyembah untuk terlibat dalam berbagai aspek pengalaman itu dalam ibadah. Mazmur adalah doa dan lagu llahi-manusiawi. Oleh karena itu, memasukkan Mazmur secara konsisten d+-6alam ibadah membawa komunitas beriman ke pusat kehendak Tuhan dan rahmat penyembuhan yang kuat.

Pertanyaan-Pertanyaan untuk Diskusi:

1Mengapa doa yang spontan dan tidak terarah bukan satu-satunya cara untuk berdoa? Bagaimanakah kehidupan doa kita mendapat manfaat dari Mazmur yang berisi doa-doa alkitablah?

2 Bagaimanakah Mazmur memperkaya pengalaman doa bersama kita? Diskusikan beberapa cara praktis gereja lokal Anda dapat mendorong penggunaan Mazmur dalam kebaktiannya.

3 Apakah yang diungkapkan Mazmur tentang kerumitan pengembaraan iman manusia dan kuasa anugerah kesembuhan Allah?

Komentar