Pelajaran Sabat Ke 2 : Ajarlah Kami Berdoa

Ajarlah Kami Berdoa

Sabat Petang

Untuk Pelajaran Pekan Ini Bacalah: Mzm. 105: 5; Kol 3:16; Yak. 5: 13; Mazmur 44; Mazmur 22; Mazmur 13; Mzm. 60: 1-7.

Ayat Hafalan: “Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika la berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya” (Lukas 11: 1).

Keyakinan bahwa hanya doa yang spontan dan tidak terpelajarlah yang merupakan doa yang sebenarnya, tampaknya lazim di antara beberapa orang Kristen. Namun, murid-murid Yesus mendapat upah yang sangat besar ketika mereka meminta Yesus untuk mengajar mereka berdoa. Tuhan menempatkan kitab doa, Mazmur, di jantung Alkitab, bukan hanya untuk menunjukkan kepada kita bagaimana umat Tuhan pada zaman dahulu berdoa tetapi juga untuk mengajari kita bagaimana kita dapat berdoa sekarang ini.

Sejak awal, Mazmur telah membentuk doa umat Allah, termasuk doa Yesus (1 Taw. 16: 7, 9; Neh. 12: 8; Mat. 27; 46; Ef. 5: 19). Pekan ini kita akan melihat peran yang dimainkan Mazmur dalam membantu umat Tuhan melewati perjalanan hidup mereka dan bertumbuh dalam hubungan mereka dengan Tuhan. Kita harus ingat bahwa Mazmur adalah doa dan, dengan demikian, sangat berharga, tidak hanya untuk wawasan teologisnya tetapi juga karena pola doa Mazmur dapat memperkaya dan mengubah doa individu dan umum kita.

Doa Mazmur telah membantu banyak orang percaya membangun dan mempertahankan kehidupan doa yang teratur dan memuaskan.

Pekan ini kita akan terus melihat Mazmur, terutama dalam konteks saat-saat ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik bagi kita.

* Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat. 13 Januari.

Komentar