Pelajaran Sabat 4 - Tuhan Mendengar dan Melepaskan

Pelajaran Sabat 4

Tuhan Mendengar dan Melepaskan

Sabat Petang

Untuk Pelajaran Pekan Ini Bacalah: Mzm. 139: 1-18; Mzm. 121; Mzm. 17: 8; Mat: 23: 37; 1 Kor. 10: 1-4; Ibr. 4: 15, 16.

Ayat Hafalan: “Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya” (Mazmur 34: 18).

Berkali-kali, kitab Mazmur menyoroti kebenaran bahwa Tuhan yang berdaulat, yang menciptakan dan menopang alam semesta, juga menyatakan diri-Nya sebagai Tuhan pribadi yang memulai dan memelihara hubungan dengan umat-Nya.

Tuhan dekat dengan umat-Nya dan dengan ciptaan-Nya, baik di surga maupun di bumi (Mzm. 73: 23, 25). Meskipun Dia “sudah menegakkan takhta-Nya di surga” (Mzm. 103: 19) dan “melintasi awan-awan” (Mzm. 68: 5), Dia juga “dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada*setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan” (Mzm. 145: 18). Kitab Mazmur dengan teguh menjunjung tinggi kebenaran bahwa Tuhan adalah Allah yang hidup, yang bertindak atas nama mereka yang berseru kepada-Nya (Mzm. 55: 17-23). Kitab Mazmur bermakna justru karena didorong oleh, dan ditujukan kepada, Allah yang hidup, yang mendengar dan menjawab doa.

Kita harus ingat bahwa respons yang tepat terhadap kedekatan Tuhan adalah dengan hidup beriman kepada-Nya dan taat kepada perintah-perintah-Nya. Kurang dari iman dan ketaatan seperti ini tidak akan dapat diterima oleh-Nya, seperti yang sering sejarah Israel ungkapkan.

*Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat, 27 Januari.

Minggu, 20 Januari 2024

Tulang-Tulangku Tidak Terlindung Bagi-Mu

Bacalah Mazmur 139: 1-18. Bagaimanakah ayat-ayat ini secara puitis menggambarkan kuasa (Mzm. 139: 1-6), kehadiran (Mzm. 139: 7-12), dan kebaikan Tuhan (Mzm. 139: 13-18)? Apakah yang dikatakan kebesaran Allah tentang janji-janji-Nya?

Apakah Anda pernah ingin membantu seseorang tetapi tidak memiliki sarana? Demikian pula, beberapa orang mencoba membantu Anda tetapi tidak memahami kebutuhan Anda. Tidak seperti orang yang paling pengasih dan berniat baik sekalipun, Tuhan memiliki pengetahuan yang sempurna tentang kita dan keadaan kita, dan juga sarana untuk membantu kita. Oleh karena itu, janji-janji pertolongan dan pembebasan-Nya bukanlah kata-kata hampa yang dangkal, melainkan jaminan yang teguh.

Pengetahuan Tuhan tentang pemazmur begitu besar dan unik sehingga rahim ibunya pun tidak dapat menyembunyikannya dari Tuhan (Mzm. 139: 13, 15). Pengetahuan Ilahi berkaitan dengan waktu (Mzm. 139: 2), batin (Mzm. 139: 2, 4), ruang (Mzm. 139: 3) dan seluruh keberadaan pemazmur. Pengetahuan Tuhan yang luar biasa adalah hasil dari ke penciptaan-Nya dan pengenalan yang dekat dengan orang-orang dan terwujud dalam pemeliharaan-Nya bagi mereka.

Kebenaran yang luar biasa tentang Allah yang mengenal kita secara dekat ini seharusnya tidak membuat kita takut, tetapi justru mendorong kita untuk masuk ke dalam pelukan Yesus dan apa yang telah Dia selesaikan bagi kita di kayu salib. Karena oleh iman kepada Yesus, telah diberikan kepada kita kebenaran-Nya, “kebenaran Allah” itu sendiri (Rm. 3: 5, 21).

Kehadiran Tuhan ditonjolkan dengan menggambarkan Tuhan menjangkau sejauh “dunia orang mati” (syeol, “kuburan”) dan “kegelapan” (Mzm. 139: 8, 11, 12), tempat-tempat yang biasanya tidak digambarkan sebagai tempat tinggal Tuhan (Mzm. 56: 14). Kehadirannya juga digambarkan membawa “sayap fajar” (timur) untuk mencapai “ujung laut” (barat) (Mzm. 139: 9). Apa yang disampaikan oleh gambar-gambar ini adalah kebenaran bahwa tidak ada tempat di alam semesta di mana kita berada di luar jangkauan Tuhan. Meskipun Tuhan bukan bagian dari alam semesta, seperti yang diyakini beberapa orang. Dia dekat dengan semuanya, tidak hanya menciptakannya tetapi juga memeliharanya (lihat Ibrani 1: 3).

Sebagaimana Dia yang mengetahui semua tentang kita, Tuhan dapat membantu dan memulihkan kita. Kesadaran baru akan kebesaran-Nya mendorong luapan pujian dan kepercayaan yang baru dalam diri pemazmur. Dia menyambut pengawasan Ilahi sebagai sarana yang dapat menyingkirkan segala sesuatu yang mengganggu hubungannya dengan Tuhan.

Beberapa orang mungkin menemukan fakta bahwa Tuhan mengetahui begitu banyak tentang mereka, bahkan rahasia tergelap mereka, pemikiran yang agak menakutkan, lalu, mengapa Injil adalah satu-satunya

Senin, 21 Januari 2023

Jaminan Pemeliharaan Allah

Bacalah Mazmur 40: 2 4, Mazmur 50: 15, Mazmur 55: 23, dan Mazmur 121. Bagaimanakah Allah terlibat dalam urusan kita sehari-hari?

Tuhan menyatakan diri-Nya di dalam Kitab Suci sebagai Allah yang hidup yang bertindak atas nama mereka yang berseru kepada-Nya. Bagi pemazmur, “la berdiri di sebelah kananku” (Mzm. 16: 8). Oleh karena itu, dia memercayai Tuhan dan berseru kepada-Nya (Mzm. 7: 2: Mzm. 9: 11). Tuhan akan mendengarkan dia bahkan ketika dia berseru dari “jurang yang dalam” (Mzm. 130: 1, 2), menyampaikan bahwa tidak ada situasi kehidupan yang luput dari kekuasaan Allah yang berdaulat. Dengan demikian, Seruan pemazmur, betapapun mendesaknya, tidak pernah tanpa pengharapan.

Sementara itu, Mazmur 121 merayakan kuasa Sang Pencipta dalam kehidupan individu yang setia. Kekuatan ini meliputi:

(1) “Ia takkan membiarkan kakimu goyah” (Mzm. 121: 3). Gambaran “kaki” seringkali menggambarkan perjalanan hidup seseorang (Mzm. 66: 9; Mzm. 119: 105; Ams. 3: 23). Kata Ibrani untuk “bergerak” menggambarkan keamanan yang Allah berikan kepada dunia (Mzm. 93: 1) dan Sion (Mzm. 125:1).

(2) Gambaran Tuhan sebagai Penjaga Israel yang tidak terlelap atau tidur menyoroti kewaspadaan dan kesiapan Tuhan yang terus-menerus untuk bertindak demi anak-anak-Nya (Mzm. 121: 3. 4).

(3) “Tuhanlah naunganmu” (Mzm. 121: 5, 6) mengingatkan tiang awan pada masa Keluaran (Kel. 13: 21, 22). Demikian pula, Tuhan menyediakan perlindungan jasmani dan rohani bagi umat-Nya.

(4) Tuhan ada di sebelah kananmu (Mzm. 121: 5). Tangan kanan biasanya menunjukkan tangan seseorang yang lebih kuat, tangan tindakan (Mzm. 74: 11; Mzm. 89: 13). Di sini ia menyampaikan kedekatan dan kemurahan Allah (Mzm. 16: 8; Mzm. 109: 31; Mzm. 110: 5).

(5) Perlindungan Allah atas umat-Nya dengan jelas ditegaskan dalam Mazmur 121: 6-8. Allah akan melindungi anak-anak-Nya dari segala kejahatan. Baik “matahari” maupun “bulan” tidak akan menyerang mereka. Allah akan memelihara “keluar” dan “masuk” mereka. Ungkapan-ungkapan puitis ini menggarisbawahi pemeliharaan Tuhan yang menyeluruh dan tak henti-hentinya.

Intinya? Pemazmur percaya pada pemeliharaan kasih Allah. Kita, tentu saja, harus melakukan hal yang sama.

Selasa, 22 Januari 2024

Tuhan Adalah Tempat Perlindungan dalam Kesengsaraan

Bacalah Mazmur 17: 7-9, Mazmur 31: 2-4, dan Mazmur 91: 2-7. Apakah yang dilakukan pemazmur pada saat-saat sulit?

Pemazmur menghadapi berbagai macam masalah dan, di dalamnya, ia berpaling kepada Tuhan, yang menjadi tempat perlindungan dalam setiap kesulitan. Kepercayaan adalah pilihan yang disengaja untuk mengakui ketuhanan Tuhan atas hidup seseorang dalam segala keadaan. Jika kepercayaan tidak berhasil dalam kesulitan, maka kepercayaan tidak akan berhasil di mana pun.

Kesaksian pemazmur, “Aku akan berkata kepada TUHAN: ‘Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai’” (Mzm. 91: 2), muncul dari pengalaman masa lalunya dengan Tuhan dan sekarang memperkuat imannya untuk masa depan. Pemazmur menyebut Tuhan Yang Maha Tinggi dan Mahakuasa (Mzm. 91: 1, 2), mengingat kebesaran Tuhannya yang luar biasa.

Pemazmur juga menceritakan tentang keamanan yang dapat ditemukan seseorang di dalam Allah: “lindungan” (“perlindungan” atau “tempat persembunyian”), “naungan” (Mzm. 91: 1), “perlindungan”, “kubu pertahanan” (Mzm. 91: 2). “sayap”, “perisai”, “pagar tembok” (Mzm. 91: 4), dan “tempat perteduhan” (Mzm. 91: 9). Gambar-gambar ini mewakili tempat berlindung yang aman dalam budaya pemazmur. Seseorang hanya perlu memikirkan panasnya matahari yang tak tertahankan di bagian dunia tersebut untuk menghargai bayangan (naungan) atau mengingat kembali masa-masa perang dalam sejarah Israel untuk menghargai keamanan yang disediakan oleh perisai atau benteng.

Bacalah Mazmur 17: 8 dan Matius 23: 37. Gambaran apakah yang digunakan di sini, dan apakah yang diungkapkannya?

Salah satu metafora yang paling intim adalah yang mengacu pada “dalam naungan sayap-Mu” (Mzm. 17: 8; Mzm. 57: 2; Mzm. 63: 8). Metafora ini memunculkan kenyamanan dan jaminan dengan menyiratkan perlindungan induk burung. Tuhan dibandingkan dengan elang yang menjaga anaknya dengan sayapnya (Kel. 19: 4; Ul. 32: 11) dan dengan induk ayam yang mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya (Mat. 23: 37).

Rabu, 23 Januari 2024

Pembela dan Pembebas

Bacalah 1 Korintus 10:1-4. Bagaimanakah Paulus menggambarkan kisah Keluaran? Pelajaran spiritual apakah yang Ingin dia ajarkan dengan kisah itu?

Bacalah Mazmur 114. Bagaimanakah penyelamatan Ilahi bagi umat Israel dari Mesir digambarkan secara puitis di sini?

Betapa puitis gambaran penyelamatan Allah yang luar biasa atas anak-anak-Nya dari perbudakan Mesir yang diberikan dalam Mazmur 114. Sepanjang Perjanjian Lama, dan bahkan dalam Perjanjian Baru, pembebasan dari Mesir di-* pandang sebagai lambang kuasa Allah untuk menyelamatkan umat-Nya. Paulus dalam ayat-ayat ini di Korintus melakukan hal itu, melihat seluruh kisah nyata sebagai metafora, simbol keselamatan di dalam Yesus Kristus.

Mazmur 114 juga menggambarkan pembebasan Ilahi melalui kedaulatan Tuhan sebagai Pencipta atas kekuatan alam, yang merupakan cara Dia menyelamatkan Umat-Nya di Keluaran. Laut, Sungai Yordan, dan pegunungan serta perbukitan secara puitis mewakili kekuatan alam dan manusia yang menentang Israel dalam perjalanan mereka ke Tanah Perjanjian (Ul. 1: 44; Yos. 3: 14-7). Namun, Tuhan berdaulat atas mereka semua.

Nyatanya, bagi banyak anak Allah di segala zaman dan di segala tempat, jalan menuju Yerusalem surgawi penuh dengan bahaya. Mazmur mendorong mereka untuk melihat ke balik bukit-bukit dan ke arah Pencipta langit dan bumi (Mzm. 121: 1).

Semangat Mazmur 114 ditangkap oleh Yesus yang menenangkan badai laut dan pernyataan-Nya bahwa gereja tidak perlu takut karena Dia telah mengalahkan dunia (Mat. 8: 23-27; Yoh. 16: 33).

Perbuatan besar Tuhan atas nama umat-Nya seharusnya mengilhami seluruh bumi untuk gemetar di hadirat-Nya (Mzm. 114: 7). Gemetar harus dipahami sebagai pengakuan dan penyembahan bukan sebagai ketakutan (Mzm. 96: 9; Mzm. 99:1). Dengan Tuhan di pihak mereka, orang percaya tidak perlu takut.

Kamis, 25 Januari 2024
Bantuan dari Bait Suci

Bacalah Mazmur 3: 5, Mazmur 14: 7, Mazmur 20: 2-4, Mazmur 27: 5, Mazmur 36: 9, Mazmur 61: 5, dan Mazmur 68: 6, 36. Dari manakah datangnya pertolongan dalam ayat-ayat ini?

Motif perlindungan dan bantuan spiritual dan fisik terutama muncul dalam konteks Bait Suci. Bait Suci adalah tempat pertolongan, keamanan, dan keselamatan. Bait Suci menyediakan tempat berlindung bagi yang bermasalah. Tuhan membela anak yatim dan janda dan memberi kekuatan kepada umat-Nya dari tempat perlindungan-Nya. Ketika “dari Sion, puncak keindahan, Allah tampil bersinar” (Mzm. 50: 2), penghakiman Allah yang benar diberitakan, dan berkat Tuhan mengalir keluar (Mzm. 84: 5; Mzm. 128: 5; Mzm. 134: 3).

Perlindungan di Bait Suci melampaui keamanan yang diberikan oleh tempat lain mana pun di dunia karena di Bait Suci Allah bersemayam secara pribadi. Hadirat Tuhan, bukan hanya Bait Suci sebagai bangunan yang kokoh, memberikan keamanan. Demikian pula, sebagai gunung tempat tinggal Tuhan, Gunung Sion melampaui gunung-gunung lain meskipun gunung itu sendiri merupakan gunung yang sederhana (Mzm. 68: 16, 17; Tes. 2: 2).

“Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, la telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya” (Ibrani 4: 15, 16).

Dalam hal apakah ayat-ayat ini sejajar dengan apa yang dikatakan pemazmur tentang Bait Suci?

Kekudusan Bait Suci Allah mendorong pemazmur untuk mengakui bahwa semua orang berdosa sama sekali tidak layak menerima perkenanan Allah, dan ia mengklaim bahwa pembebasan hanya didasarkan pada kesetiaan dan kasih karunia Allah saja (Mzm. 143: 2, 9-12). Tidak ada di dalam diri kita yang memberi kita jasa apa pun di hadapan Tuhan. Hanya ketika orang berdiri dalam hubungan yang benar dengan Tuhan melalui pertobatan dan penerimaan kasih karunia dan pengampunan Tuhan, barulah mereka dapat memohon kepastian pembebasan dari Tuhan. Pelayanan di Bait Suci mewakili keselamatan yang ditemukan di dalam Yesus.

Jumat, 26 Januari 2024
Pendalaman: 

Bacalah Ellen G. White, “Malam Pergumulan,” hlm. 198-206, dalam Alfa dan Omega, jld. 1. Apakah yang dapat kita pelajari dari pengalaman Yakub tentang kekuatan doa yang mendesak dan kepercayaan penuh kepada Allah?

Mazmur memperkuat iman kita kepada Tuhan yang merupakan Perlindungan yang tidak pernah gagal bagi mereka yang memercayakan hidup mereka ke dalam tangan-Nya yang perkasa. “Allah akan melakukan perkara-perkara yang besar bagi mereka yang berharap kepada-Nya. Sebab mengapa orang-orang yang mengaku diri sebagai umat-Nya tidak memiliki kekuatan yang lebih besar oleh karena mereka berharap terlalu banyak kepada kebijaksanaan mereka sendiri, dan tidak memberikan kesempatan kepada Tuhan untuk menyatakan kuasa-Nya demi kepentingan mereka, Ia akan menolong umat-Nya yang percaya di dalam setiap keadaan darurat jikalau mereka mau menaruh segenap kepercayaan mereka di dalam Dia, dan dengan setia menurut kepada-Nya”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 2, hlm. 97.

Namun, beberapa mazmur dapat menimbulkan tantangan serius ketika janjinya, dan situasi kita saat ini, tidak sesuai. Di saat-saat seperti ini, kita hanya perlu belajar untuk percaya pada kebaikan Tuhan, yang dinyatakan paling kuat di kayu salib.

Juga, kadang-kadang beberapa mazmur dapat digunakan untuk mengembangkan harapan palsu. Tanggapan Yesus terhadap penyalahgunaan Mazmur 91: 11,12 oleh Iblis menunjukkan bahwa memercayai Allah tidak boleh disamakan dengan mencobai Allah (Mat. 4: 5-7) atau dengan lancang meminta Allah untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

“Kemenangan-kemenangan yang terbesar bagi gereja Kristus, dan juga bagi orang Kristen secara pribadi bukanlah kemenangan-kemenangan yang diperoleh melalui talenta atau pendidikan, oleh kekayaan atau usaha manusia. Itu adalah kemenangan yang diperoleh dari dalam ruangan di mana kita menghadap ke hadirat Allah, bilamana iman yang teguh dan sungguh-sungguh itu berpegang kepada tangan kuasa yang hebat itu”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 1, hlm. 232.

Pertanyaan-Pertanyaan untuk Diskusi:

1 Di Kelas, diskusikan jawaban atas  pertanyaan terakhir dalam pelajaran hari Selasa tentang percaya kepada Allah di tengah kesengsaraan dan keadaan yang memburuk. Bagaimanakah seseorang memahami hal-hal ini dan bagaimanakah hal itu dapat terjadi pada orang-orang, bahkan dengan semua janji indah dalam Mazmur tentang perlindungan Tuhan? Pikirkan tentang hal ini juga: bukankah pemazmur yang menulis tentang janji-janji yang menakjubkan itu, pernah mengalami kesulitan kesengsaraan atau mengenal orang-orang setia yang mengalami kesulitan juga ?

2 Bagaimanakahkita dapat meagembangkankepercayaantanpa pamrih kepada Allah dalam segala keadaan (misalnya, Mzm. 91: 14; Mzm.143: 8, 10 Mzm 145: 18-20)? Apakah yang bisa menyebabkan kita kehilangan kepercayaan diri ini? Mengapa memercayai Allah di saat senang juga penting untuk belajar memercayai Dia di saat-saat susah juga?

Komentar