Meningkatkan Penggunaan Mazmur dalam Doa

 Minggu, 7 Januari

Meningkatkan Penggunaan Mazmur dalam Doa

Bacalah Mazmur 105: 5, Kolose 3: 16, dan Yakobus 5:13. Apakah tempat Mazmur dalam pengalaman ibadah orang percaya?

Cara sederhana untuk memperkenalkan kitab Mazmur ke dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mencurahkan waktu setiap hari untuk membaca mazmur, dimulai dengan Mazmur 1, dan mengikuti urutan yang diberikan dalam mazmur. Cara lain adalah dengan membaca mazmur yang sesuai dengan situasi Anda saat ini, apa pun itu: ada mazmur ratapan, mazmur ratapan umum, mazmur syukur, himne, mazmur pertobatan, mazmur hikmat (mencari hikmat dan bimbingan Tuhan ), mazmur sejarah, mazmur berisi amarah dan amukan, serta mazmur ziarah. Selama triwulan ini, kita akan melihat banyak di antaranya dan mempelajari mazmur ini dalam konteks kemunculannya.

Lalu, bagaimanakah cara kita membaca kitab Mazmur?

Pertama baca mazmur, terlibat dalam refleksi sederhana, dan kemudian berdoa. Merenungkan mazmur melibatkan refleksi pada berbagai aspek mazmur: cara pemazmur menyapa Tuhan, dan alasan doa. Pertimbangkan bagaimana situasi Anda sesuai dengan pengalaman pemazmur dan bagaimana mazmur dapat membantu Anda mengartikulasikan pengalaman Anda. Anda akan takjub melihat seberapa sering Anda menemukan diri Anda mampu beresonansi dan berhubungan dengan apa yang Anda baca di sana.

Jika sesuatu dalam mazmur menantang Anda, renungkan, misalnya, apakah mazmur mengoreksi harapan palsu Anda saat ini tentang sesuatu yang sedang Anda hadapi. Renungkan pekabaran mazmur dalam terang pribadi Kristus dan karya keselamatan dan harapan jangka panjang yang ditawarkan karya Kristus kepada kita. Seperti yang kita ketahui, atau seharusnya kita ketahui, hal itu selalu membantu untuk melihat segala sesuatu di dalam Alkitab dalam terang Kristus dan salib.

Juga, carilah motif baru untuk berdoa sebagaimana diberikan oleh Mazmur, dan pikirkan tentang kepentingannya bagi Anda, gereja Anda, dan dunia. Mintalah Tuhan untuk menaruh Firman-Nya di hati dan pikiran Anda. Jika mazmur itu sesuai dengan situasi seseorang yang Anda kenal, bersyafaatlah dalam doa untuk orang itu. Intinya, kitab Mazmur mencakup begitu banyak aspek kehidupan, dan kita bisa diperkaya dengan membaca dan menyerap ke dalam hati apa yang mereka katakan kepada kita.

Komentar