Pendalaman

Pendalaman:

“Rencana penebusan yang besar itu akan membawa kembali dengan sempurnanya seluruh dunia kepada keadaan yang diperkenankan Allah. Segala sesuatu yang telah hilang oleh dosa akan dipulihkan. Bukan hanya manusia tetapi bumi ini juga ditebus, untuk menjadi tempat tinggal yang abadi bagi orang-orang yang menurut. Enam ribu tahun lamanya Setan telah bergumul untuk mempertahankan hak miliknya atas bumi ini. Kini maksud Allah yang semula dalam penciptaan-Nya telah terlaksana. ‘Orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.’ Daniel 7: 18”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 1, hlm. 404.

Tetapi sebelum hal itu bisa menjadi kenyataan, adalah tugas kita untuk bermitra dengan Allah dalam misi-Nya untuk menjangkau dunia dengan pekabaran amaran sehingga orang-orang bisa menerimanya dan menjadi satu bagian dari janji-janji Allah untuk penciptaan kembali.

“Saya rindu untuk melihat banyak pekerja di ladang yang berusaha untuk mereka yang tidak mengetahui bukti-bukti iman kita. Banyak yang telah menerima terang yang besar dengan mendengarkan pekabaran tiga malaikat, dan sekarang mereka harus menyampaikan pekabaran ini ke seluruh bagian dunia ini. Saya rindu untuk melakukan bagian saya dan membuka jalan bagi orang lain untuk membawa terang kebenaran itu. Semoga Tuhan menolong kita untuk mengenakan perlengkapan perang kita. Orang-orang percaya harus bersatu dalam pekerjaan yang khidmat yaitu memberikan amaran terakhir bagi dunia ini”—Ellen G. White, Letter 390, 1907 (tidak diterbitkan)

Sepanjang triwulan ini kita telah mempelajari berbagai macam aspek dan isu sehubungan dengan misi Allah. Pekan ini kita simpulkan pelajaran kita dengan membahas kunci-kunci dari kitab Wahyu untuk mengerti seperti apa sebuah hubungan dengan Allah yang dipulihkan, dan puncaknya adalah sebuah penglihatan tentang misi yang diselesaikan—penciptaan kembali dan pemulihan bumi ini. Meskipun benar bahwa kehancuran dosa dan penderitaan akan menjadi hari yang paling mengerikan dalam sejarah bumi ini, Allah mengarahkan penglihatan kita pada satu waktu terpisah dari kehancuran ini dan menyediakan penghiburan dan dorongan dalam janji tentang bumi yang dipulihkan.

Pertanyaan-Pertanyaan untuk Diskusi:

1. Apakah yang dimaksud dengan “Injil yang kekal”? Mengapa hal itu disebut “kekal”? Dan mengapa yang diajarkan oleh Injil itu harus menjadi hal yang mendasar dalam misi kita?

2. Mengapa kita memiliki sebuah penekanan khusus pada pekabaran tiga malaikat? Bagaimanakah kita merespons argumen yang menyatakan bahwa kita harus berfokus kepada Yesus dan bukan pada sesuatu yang kelihatannya “negatif" dari pekabaran-pekabaran ini, yang mencakup amaran-amaran yang keras?

3. Bagaimanakah pelajaran triwulan ini menolong Anda untuk mengerti lebih baik bukan hanya pentingnya misi tersebut tetapi bagaimanakah Anda dan gereja Anda bisa berpartisipasi lebih baik dalam misi, yang untuk itulah kita telah dipanggil untuk melakukannya?

Komentar