Mukjizat Purim

Mukjizat Purim

Selama ribuan tahun para komentator telah melihat bahwa nama Allah tidak muncul dalam kitab Ester. Inilah satu-satunya kitab dalam Kitab Suci di mana fenomena ini terjadi. Tetapi, orang-orang Yahudi dapat mengenali tindakan Allah dalam kelepasan yang besar yang dibuat bagi mereka, dan kitab ini telah dipilih oleh umat Allah untuk dimasukkan dalam kanon Kitab Suci.

Apakah kita juga dapat menemukan kehadiran Allah di bawah permukaan dari kehidupan kita sehari-hari? Tindakan Allah dapat ditemukan dalam bentuk yang normal, peristiwa-peristiwa yang alami, dan jika kita tidak menaruh perhatian yang sungguh-sungguh terhadap hal-hal itu, kita tidak akan menyadari kehadiran Allah.

Bacalah Ester 9: 1-12. Apakah hasil dari usaha Ester?

Mukjizat dalam peristiwa Purim terjadi dalam keadaan yang tidak biasa. Mukjizat itu tersembunyi, tersamarkan dalam peristiwa-peristiwa yang tampaknya alami. Hukum untuk membinasakan orang Yahudi tidak dibatalkan, tetapi sebuah hukum yang baru ditulis, yang mengizinkan bangsa Yahudi untuk mempertahankan diri mereka sendiri.

Perhatikan juga apa yang terjadi, dan bagaimana Allah sanggup untuk bekerja melalui peristiwa-peristiwa ini. Orang-orang Persia menyadari perbuatan-perbuatan Allah untuk kepentingan bangsa Yahudi!

Dan hasilnya?

“Dan lagi banyak dari antara rakyat negeri itu masuk Yahudi” (Est. 8: 17). Ini adalah sebuah contoh yang luar biasa tentang bagaimana Allah bekerja untuk membawa jiwa-jiwa yang hilang kepada satu pengetahuan akan Dia.

Para pemimpin orang Yahudi ini mengenali akan pekerjaan Allah itu. Ketika orang-orang Yahudi menang dalam mempertahankan diri mereka sendiri, mereka mendeklarasikan sebuah waktu tahunan (yang disebut Purim) untuk mengingat dan merayakan kemenangan mereka. Hari-hari ini secara tradisional masih dirayakan untuk mengucap syukur kepada Allah dalam mengingat kelepasan-Nya.

Tantangan: Berdoalah supaya Allah akan memberikan kepada Anda keberanian untuk membagikan sesuatu yang telah Dia lakukan bagi Anda kepada orang-orang yang ada dalam daftar Anda pekan ini.

Tantangan Lebih Besar: Mulailah membuat sebuah catatan harian tentang hal-hal kecil yang spesial (atau pun hal yang besar) yang Allah selalu lakukan untuk Anda. Lihatlah itu kembali dan berdoa supaya Allah akan menaruh hal-hal ini dalam pikiran Anda pada saat yang tepat sehingga Anda bisa bagikan semua itu dengan seseorang.

Komentar