Ini Aku, Utuslah Aku


Ini Aku, Utuslah Aku

Cerita Yunus lebih dari sekadar menakjubkan. Fakta bahwa Allah bisa menyelamatkan Ninewe meskipun Yunus tidak memiliki kesaksian yang baik adalah pengingat yang sangat jelas bahwa tugas kita hanyalah semata-mata menjadi saluran bagi Allah, satu-satunya Pribadi yang dapat meyakinkan dan menobatkan hati. Ini adalah sebuah pengingat bahwa Allah hanya mencari para juru kabar yang mau dan rendah hati untuk mengikuti arahan-Nya.

Bacalah Yesaya 6: 1-8. Apakah yang merupakan ide utama yang dinyatakan dalam ayat-ayat ini?

Ada panggilan dalam ayat-ayat ini. Allah sedang mencari seorang sukarelawan yang memiliki kemauan. Kita bisa menjawab panggilannya dengan berserah pada pimpinan-Nya, mendengarkan suara-Nya, dan kemudian memilih untuk taat terhadap apa saja yang Dia sampaikan kepada kita.

Cerita Yunus menyatakan juga kasih Allah bagi orang yang tinggal di tempat di mana kasih-Nya tidak dirasakan dan suara-Nya tidak didengar. Sama seperti Allah menunjukkan belas kasih kepada Ninewe, Dia juga menunjukkan * belas kasih kepada jutaan manusia yang ada di kota-kota saat ini, di mana bangunan-bangunan menggantikan pohon-pohon dan bunga-bunga, dan keributan yang terus-menerus membuat sulit bagi penduduknya untuk tenang dan mendengar. Terhadap Ninewe, Allah berkata, mereka “tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri” (Yun. 4: 11).. Allah membutuhkan para juru kabar yang mau membawa pekabaran-Nya tentang pengharapan kepada mereka yang dibebani dengan kesibukan dan kesusahan hidup.

Yesaya mendengar sebuah suara berkata, “Siapa yang akan pergi?” Apakah yang akan menjadi respons Anda?

Tantangan: Di satu lembar kertas atau di dalam catatan doa Anda, buatlah daftar yang berisi 10 orang yang Anda ketahui bukan orang yang percaya. Kita akan menyebut mereka sebagai “murid.” Jika memungkinkan, daftarkan menurut nama mereka. Taruhlah daftar ini sedekat mungkin dengan Anda, dan untuk sisa triwulan ini, berdoalah setiap hari bagi setiap orang dari 10 muridmu ini. Doakan supaya Allah akan menolong Anda bisa lebih bersahabat dengan mereka yang Anda kenal ini. Berdoalah supaya Anda bisa mengembangkan persahabatan yang dalam, dekat, dan saling percaya dengan teman-teman ini. Ketika hubunganmu semakin dalam, perhatikan dan dengarkanlah dengan cermat supaya Anda bisa mengetahui kebutuhan khusus mereka dan rasa sakit mereka.

Tantangan Lebih Besar: Pilihlah sebuah kota di dekat Anda dan juga sebuah kota yang ada di bagian lain dari dunia ini. Mulailah dengan mendoakan orang-orang yang tinggal dan bekerja di masing-masing kota itu. Berdoalah supaya Allah bekerja untuk menghadirkan orang Advent di dalam kota-kota tersebut sehingga bisa membagikan kebenaran seperti yang kita ketahui yaitu kebenaran tentang kedatangan Yesus yang segera.

Komentar