Berita Misi 11 November 2023 - Berubah!

Berubah!

Ayah kesal saat Theopha-ne bergabung dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di negara Guinea, Afrika Barat. Ayah seorang pemimpin dalam denominasi Kristen lain, dan dia merasa malu bahwa anaknya, seorang siswa sekolah menengah, telah memilih keyakinan yang berbeda.

"Kamu punya waktu seminggu untuk berubah pikiran," dia katakan. "Jika kau tidak pergi ke gereja pada hari Minggu, lebih baik kita berpisah."

Theophane merasa sedih. Dia sangat mencintai ayahnya. Tetapi dia juga pernah mengalami kuasa Yesus setelah paman mengundang dia ke gereja Advent. Dia menderita serangan Iblis yang hanya berhenti ketika orang Advent berdoa untuknya. Kemudian,

dalam membaca Alkitab, dia telah mempelajarinya. Orang Kristen harus beribadah pada Sabat hari ketujuh, bukan pada hari Minggu, hari pertama. Theophane tidak ingin kembali ke kehidupan lamanya. Jika dia tidak bisa tinggal di rumah, dia akan pergi. Dia pindah dengan seorang teman yang tinggal di lingkungan itu.

Kakek Theophane memutuskan untuk campur tangan. Sebagai orang tertua dalam keluarga, dia sangat dihormati. Theophane telah dinamai menurut namanya.

"Kamu bingung," kata Kakek. "Saya akan mengatur pertemuan dengan seorang pendeta. Dia akan membantumu memahami kebenaran."

Kakek dan ayah membawa Theophane ke rumah seorang pendeta. Dia bukan sembarang pendeta. Dia adalah seorang teolog terkemuka, dan dia mengajar agama di universitas.

"Apa yang menyebabkan Anda meninggalkan gereja?" tanya pendeta itu pada Theophane.

Theophane membuka Alkitabnya di Keluaran 20.

"Saya ingin kita mempelajari Sepuluh Perintah," katanya.

Dia membaca perintah pertama, yaitu, "Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku" (Keluaran 20: 3). Lalu dia membaca perintah kedua, yang melarang pemujaan terhadap patung pahatan. Beralih ke pendeta, dia memintanya menjelaskan dua perintah pertama.

Pendeta membela gambar ukiran di gereja. Dia mengatakan orang Israel diselamatkan oleh melihat ular tembaga yang ditinggikan oleh Musa di padang gurun dan orang Kristen hari ini bisa diselamatkan dengan memandang ikon salib.

Theophane pindah ke perintah keempat yang mengatakan, "Ingat dan kuduskanlah hari Sabat" (Keluaran 20: 8). Pendeta membalas bahwa hukum itu telah berubah. Theophane menanggapi dengan kata-kata Yesus, "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya" (Matius 5: 17).

Kemudian pendeta itu menuduh Theophane tidak mematuhi perintah kelima. "Apakah kamu mencintai ayahmu?" dia berkata. Kamu tidak melakukan apa yang dia katakan padamu. Tuhan berkata, "Hormatilah ayah dan ibumu."

Theophane menjawab, "Tetapi Yesus berkata, 'Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagiKu'" (Matius 10: 37).

Pendeta itu menatap ayah. "Anakmu ini keterlaluan," katanya. "Jangan pernah biarkan dia tinggal di rumah karena dia akan mencemari orang lain."

Meninggalkan rumah pendeta, ayah sangat marah. Dia mengancam akan membakar akte kelahiran Theophane dan memutuskan semua hubungan dengan dia. Dia mengutuk paman yang telah mengundang Theophane ke gereja Advent.

Theophane membela pamannya. "Dia tidak pernah mengajari saya hal buruk," katanya. "Dia hanya menunjukkan jalan kepada saya."

Ayah mengeluh langsung ke paman, dan paman mengingatkannya tentang serangan setan. "Theophane sangat kesulitan," katanya. "Kamu membawanya ke banyak dokter dan memberinya obat. Kamu melakukan yang terbaik, tetapi tidak ada yang membantu. Anak laki-laki itu tidak mengikuti aku. Dia mengikuti Firman Tuhan."

Delapan bulan berlalu. Hidup Theophane berubah drastis.

Tidak hanya bebas dari serangan Iblis, tetapi dia juga tumbuh menjadi pemuda yang baik hati dan murah hati. Tetangga yang pernah berusaha untuk menjaga anak-anak mereka jauh dari dia dan pengaruh buruknya, sekarang ingin anak-anak mereka menjadi seperti dia.

Ayah kagum pada perubahan yang luar biasa itu, dan dia memanggil paman untuk berterima kasih padanya. "Terima kasih atas apa yang telah kamu lakukan terhadap anakku," katanya. "Anak laki-laki yang kita kenal sebelumnya bukanlah orang yang sama seperti hari ini."

Sekarang, Theophane tinggal di rumah, dan dia memelihara Sabat hari ketujuh dengan bebas. Dia berdoa agar ayah dan kakeknya mau mengenal Yesus yang mengubah hidupnya.

"Doa saya sekarang adalah agar Tuhan mengubah hati mereka sehingga mereka dapat bergabung dengan saya dalam iman baru saya dan kami bisa beribadah bersama," katanya.

Terima kasih untuk Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda tiga tahun lalu yang membantu sekolah Advent berkembang dengan ruang kelas baru di Conakry, Guinea.

Tip Cerita

Pelajaran minggu ini dalam Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa membahas motivasi untuk misi. Diskusikan motivasi orang Kristen ditampilkan dalam kisah misi minggu ini, termasuk ayah dan kakek Theophane.Tanyakan anggota UKSS apa yang dapat mereka pelajari dari contoh ini.

Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa minggu ini juga menekankan sukacita orang percaya ketika mereka memiliki perjumpaan pribadi dengan Kristus. Diskusikan cara Theophane menemukan kegembiraan. Kenapa bukan kebahagiaannya yang dirasakan oleh ayah, kakek, dan pendeta? Apa yang terjadi sehingga ayahnya berubah pikiran? Jawaban yang mungkin: Ayah tidak hanya mendengar tentang Yesus melalui kata-kata putranya tetapi juga melihat Yesus dalam kehidupan putranya yang berubah.

Ucapkan Theophane sebagai: THEO-fan.

Unduh foto-foto di Facebook: bit.ly/fb-mq.

Unduh Postingan Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Afrika Barat-Tengah di: bit.ly/wad-2023.

Kisah misi ini mengilustrasikan tujuan dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh "I Will Go”-Tujuan Pertumbuhan Rohani No. 5, "Untuk memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi Roh." Untuk informasi lebih lanjut,kunjungi situs web: IWillGo2020.org.

Komentar