Kita Diberkati di dalam Kristus


Kita Diberkati di dalam Kristus

Seseorang menggambarkan Efesus sebagai Pegunungan Alpen dalam Perjanjian Baru. Paulus, pemandu pendakian kita, membawa kita pada pendakian yang cepat di Efesus 1. Kita dengan cepat dan kagum dengan pemandangan dari puncak.

Renungkanlah Efesus 1. Apakah yang menginspirasi Anda? Puncak apakah yang Anda lihat?

Efesus 1: 3-14 berfungsi seperti peta di puncak gunung yang mengidentifikasi puncak-puncak di cakrawala, sebagaimana Paulus mengarahkan kita ke tempat yang diberkati dalam pemandangan luas dari rencana keselamatan. Pemandangan ini mencakup rentang penuh sejarah keselamatan, dari kekekalan di masa lalu, melalui tindakan Allah yang dipenuhi kasih karunia di dalam Kristus, hingga kekekalan di masa depan. Penebusan Allah terhadap orang percaya mencerminkan inisiatif Ilahi yang diambil “sebelum dunia dijadikan” (Ef. 1: 4), yang sekarang sedang dikerjakan dalam kehidupan kita (baca Ef. 1: 7, 8, 13, 14). Strategi pra-penciptaan ini akan sepenuhnya dicapai pada akhir zaman (Ef. 1: 9, 10). Kemudian, “segala sesuatu,” baik “di surga” maupun “di bumi” akan dikumpulkan bersama atau dipersatukan di dalam Kristus, dan rencana Allah untuk “kegenapan waktu” akan digenapi (Ef. 1: 10). Kemudian, kita akan mengalami sepenuhnya rencana Allah yang misterius (Ef. 1: 9). Di masa sekarang, kita dapat yakin bahwa keselamatan yang berpusat pada Kristus yang kita pegang adalah bagian penting dari rencana Allah yang menjangkau luas untuk penebusan “segala sesuatu.”

Berada di puncak gunung memberikan inspirasi tentang ucapan syukur. Dalam Efesus 1: 15-19, Paulus mengucap syukur kepada Allah ketika ia berdoa agar orang percaya dapat mengalami keselamatan yang telah Allah rencanakan bagi mereka. Kita mendapati diri kita berada di tanjakan curam lainnya sewaktu Dia mengarahkan kita ke atas kepada Kristus yang bangkit, naik, dan dipermuliakan, yang memerintah atas setiap kuasa yang ada sepanjang masa (Ef. 1: 20-23).

Melalui kasih karunia Allah yang dinyatakan dalam Kristus Yesus, kita dapat hidup hari ini di puncak gunung!

Efesus 1: 4 memberi tahu kita bahwa Kristus “memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.” Pikirkan tentang apa artinya itu. Dipilih di dalam Dia sebelum dunia ada! Harapan besar apakah yang hendak ditawarkan kepada Anda sehubungan dengan hasrat Allah agar Anda diselamatkan?

Komentar