Berita Misi 23 September 2023 - Satu Guru, 200 Pemakaman

Satu Guru, 200 Pemakaman

Saat Vineta keluar dari toko makanan di Latvia, dia melihat seorang wanita mengenakan pakaian hitam di seberang jalan. Hitam adalah warna berkabung tradisional di Latvia.

Itu adalah hari setelah salah satu dari siswa Vineta, seorang anak laki-laki bernama Andrei, meninggal dalam kecelakaan taman bermain yang tragis. Dia merasa harus pergi untuk berbicara dengan wanita itu. “Apakah kamu ibu Andrei?” dia bertanya. Wanita itu menegaskan bahwa dia benar. “Saya adalah gurunya,” kata Vineta. Sang ibu sepertinya sedang tidak mood untuk berbicara.

Perlahan, dengan sangat lembut, Vineta mengulangi apa yang dia katakan kepada teman sekelas Andrei yang sedang berduka pada hari sebelumnya. “Andrei percaya pada Tuhan,” kata Vineta. “Dia mencintaimu. Dia mencintai adik perempuannya. Dia anak yang baik. Mungkinkah jika dia hidup sedikit lebih lama, dan pergi bekerja di penggergajian seperti yang dia rencanakan, dia akan berubah? Mungkinkah dia mulai minum alkohol seperti pekerja penggergajian lainnya?

Alkitab mengatakan pemabuk tidak akan ada di surga. Mungkin Tuhan tidak menghentikan kecelakaan mengerikan ini terjadi karena sekarang Andrei telah diselamatkan.” Keesokan harinya, kepala sekolah datang kepada Vineta sambil meremas-remas tangannya. “Ibu Andrei menelepon saya setiap jam sejak kematian putranya, mengatakan bahwa sekolah yang harus disalahkan,” katanya. “Tetapi hari ini dia menelepon dan mengatakan bahwa dia telah berbicara denganmu dan telah menemukan kedamaian.

Dia berkata, ‘Saya tidak akan meneleponmu lagi, namun saya punya keinginan. Saya ingin guru ini memimpin pemakaman putra saya.’ Jadi, Vineta, silakan pulang dan bersiap untuk pemakaman.” Vineta terkejut. “Saya belum pernah memimpin pemakaman sebelumnya,” katanya. “Saya tidak tahu harus berbuat apa.” “Ini akan baik-baik saja,” kata kepala sekolah. “Kamu bisa melakukannya. Semuanya akan baik-baik saja.” Vineta tidak mau melewatkan kesempatan untuk berbicara tentang Tuhan kepada seluruh sekolah dan kepada keluarga dan kerabat Andrei. Dia menyiapkan khotbah tentang Lazarus.

Pada hari pemakaman, banyak orang datang untuk memberikan penghormatan terakhir. Vineta berdiri di dekat peti mati saat dia berbicara. “Jika Yesus hidup di bumi hari ini, Dia akan menghentikan peti mati ini masuk ke tanah,” katanya. “Dia akan menghidupkan kembali Andrei seperti Lazarus. Dia akan berkata, ‘Keluarlah dari kubur.’  Tetapi yang saya tahu, dan yang saya ingin Anda ketahui, adalah bahwa suatu hari Yesus akan mengucapkan kata-kata ini, dan Andrei akan keluar dari kuburnya untuk hidup selama-lamanya.” Sore itu, seorang guru dari sekolah menelepon Vineta ke rumah. Dia sangat baik hati. “Ibu seorang siswa menelepon saya hari ini dan meminta saya untuk menelepon Anda,” katanya. “Nenek siswa itu meninggal, dan dia ingin kamu memimpin pemakaman.” Vineta merasa mudah mempersiapkan pemakaman karena sang nenek telah hidup seperti bidadari. Vineta mendasarkan khotbah pada Amsal 31 dan membandingkan nenek dengan wanita ideal. Saat dia berbicara, semua mata tertuju padanya. Ada keheningan yang luar biasa.

Vineta memberitahukan kepada seorang kerabat sesudahnya, “Kamu tahu kenapa pemakaman itu demikian? Tidak ada yang tidak setuju denganmu, dan semua orang mendengarkan."

Vineta memikirkan pemakaman lagi saat dia mencoba menyeimbangkan anggaran bulanannya beberapa saat kemudian. Dia mendapat gaji kecil sebagai guru, dan itu tidak cukup untuk membesarkan kedua putranya. Dia bertanya-tanya bagaimana dia bisa memenuhi kebutuhan. Pikiran itu muncul di benaknya, “Kamu tahu bagaimana memimpin pemakaman.” Vineta menelepon rumah duka dan menawarkan jasanya.

Direktur rumah duka berkata, “Saya akan memberi Anda pemakaman kecil dan melihat bagaimana Anda melakukannya.” Setelah pemakaman, direktur mengatakan dia puas. “Kamu bisa memimpin pemakaman mulai minggu depan,” katanya.

Jadi, di sela-sela pelajaran di sekolah, Vineta melompat ke mobilnya dan mengganti pakaiannya saat dia berlari ke pemakaman. Kadang-kadang dia bahkan mengganti pakaiannya di lampu merah.

Berbicara tentang Tuhan di pemakaman menjadi pekerjaan favoritnya. Dia sangat menyukainya. “Saya punya banyak cerita, ada yang sedih dan ada yang lucu,” katanya. “Saya tidak akan melupakan mereka.” Vineta memimpin lebih dari 200 pemakaman di kota itu sebelum Tuhan membuka pintu baginya untuk memasuki karier lain.

Persembahan Sabat Ketiga Belas triwulan ini akan memberikan kesempatan bagi para remaja di Latvia untuk mengetahui lebih banyak tentang Tuhan yang menjanjikan kehidupan kekal.

Bagian dari Persembahan Sabat Ketiga Belas akan membantu membangun sebuah gedung di ibu kota Latvia, Riga, yang akan berfungsi sebagai pusat pengaruh di mana kaum muda dapat belajar bahasa, terlibat dalam olahraga, dan berperan serta dalam kegiatan lain yang berpusat pada Kristus.

Terima kasih telah merencanakan persembahan dengan murah hati minggu depan.

Komentar