Berita Misi 12 Agustus 2023 - Sabat Ada di Polandia

Sabat Ada di Polandia

Semua mahasiswa menghadiri kelas hari Sabtu di Komunis Polandia. Tetapi Ryszard tidak. Entah bagaimana dia selalu berhasil melewati kelasnya. Namun kemudian dia mendapat guru baru. "Berhenti belajar," kata seorang teman. "Kami memiliki profesor baru yang tangguh yang tidak akan memberi Anda libur pada hari Sabtu. Kemasi saja tasmu dan pulanglah."

Ryszard tidak khawatir. "Tidak, saya tidak akan mengepak tas saya dan pulang," katanya."Pertama, aku akan berdoa kepada Tuhanku. Aku akan menjelaskan situasi saya kepada- Nya dan meminta bimbingan-Nya."

Saat Ryszard berdoa untuk bertemu dengan profesor,

dua kemungkinan skenario tentang apa yang akan terjadi muncul di benaknya. Dalam satu skenario, profesor akan menolak permintaannya untuk menghapus hari Sabat, dengan mengatakan, "Tidak masalah apa yang Anda yakini. Kamu harus mengikuti kelasku." Dalam skenario lain, profesor akan berkata, "Silakan duduk. Saya ingin memberitahukan sesuatu kepada Anda."

Ryszard pergi ke profesor dan memperkenalkan dirinya. "Saya dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh," katanya. "Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh adalah gereja Protestan.

Kami percaya pada Yesus, Maria, dan para murid. Kami hidup seperti mereka. Sabtu adalah hari yang suci dan sakral bagi mereka, dan itu juga bagi saya. Jadi, saya khawatir saya tidak dapat menghadiri kelas Anda pada hari Sabtu."

Ryszard menunggu dengan tenang jawaban profesor.

Profesor itu berkata,"Silakan duduk.

Tolong dengarkan ceritaku dulu."

Profesor itu mengatakan bahwa bertahun-tahun sebelumnya, dia telah terbang ke Amerika Serikat untuk magang selama satu tahun setelah lulus dengan gelar doktornya. "Saya tidak kenal siapa pun di sana," katanya. "Ketika pesawat saya mendarat, saya berpikir,'Di mana saya akan tinggal?'Yang mengejutkan saya, satu keluarga menjemput saya di bandara dan membawa saya ke rumah mereka.

Mereka mengundang saya untuk tinggal bersama mereka dan makan makanan mereka. Ketika saya ingin membayar mereka, mereka menolak."

Profesor tinggal bersama keluarga itu sepanjang tahun. "Ketika saya pergi untuk kembali ke Polandia, saya berpikir, 'Bagaimana saya bisa membayar kembali orang-orang ini?

Bagaimana saya bisa menunjukkan penghargaan saya atas apa yang telah mereka lakukan untuk saya?'" kata profesor itu. "Saya sama sekali tidak tahu apa yang bisa saya lakukan. Sekarang saya mendengar Anda mengatakan bahwa Anda adalah seorang Protestan.

Mereka juga Protestan. Aku akan memberimu libur hari Sabtu."

Ryszard tercengang dan kagum dengan berita luar biasa itu.

Siapa yang mengira bahwa Tuhan akan mengirimkan satu keluarga Protestan kepada calon profesornya

di Amerika Serikat untuk membuka jalan baginya memelihara Sabat sebagai seorang Advent Hari Ketujuh di Komunis Polandia bertahun-tahun kemudian?

Teman Ryszard salah. Profesor itu memberinya libur hari Sabtu.

Ryszard tidak pernah menghadiri kelas pada hari Sabtu.

Ketika dia mengikuti ujian akhir, pertanyaannya sangat sederhana sehingga tampaknya sang profesor telah berusaha keras untuk memastikan dia lulus kelas.

Hari ini, Ryszard Jankowski adalah Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Polandia. Dia tidak pernah lupa bagaimana Tuhan membantunya memelihara Sabat di universitas. "Saya melihat bagaimana Tuhan memimpin kita bahkan ketika kita terjebak dalam situasi yang sepertinya tidak ada jalan keluarnya," katanya. "Yesus berkata, 'Aku adalah pintu yang melaluinya kamu selalu dapat menemukan jalan keluar dalam situasi sulit."

Dalam Yohanes 10:7-9, Yesus berkata,"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba- domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. 

Tip Cerita

> Ucapkan Ryszard Jankowski sebagai: ri-TSARDYAN-kov-ski.

> Kunjungi situs web Hope Channel Poland(dalam bahasa Polandia) di:hopechannel.pl.

> Unduh foto di Facebook:bitly/fb-mq.

> Unduh Postingan Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Trans-Eropa: bit.ly/TED-2023.


Fakta Singkat

> Nama "Polandia" ("Polska" dalam bahasa Polandia) berasal dari nama suku Polanie,yang berarti "orang yang ' tinggal di lapangan terbuka" 

> Kota Warsawa hampir benar-benar hancur selama Perang Dunia II dan dibangun kembali menggunakan lukisan Bernardo Bellotto abad ke-14 sebagai panduan penglihatan.Jadi, kota hari ini terlihat lebih seperti abad ke-14 daripada : kota abad ke-20.

> Di Polandia, nama panggilan adalah bergantung jenis kelamin. Seorang bayi laki-laki akan diberikan nama belakang yang diakhiri dengan"-cka/-cki" dan seorang bayi perempuan, "-ski/-ska". Misalnya, jika nama belakang ayahmu adalah Kowalski dan kamu perempuan, kamu akan memiliki Kowalska sebagai nama belakangmu.

> Dikenal sebagai "Fisik Bunda Modern," Marie Curie terlahir sebagai Marie Sklodowska di Warsawa. Bersama-sama, dia dan suaminya dari Prancis, Pierre Curie, menemukan radium dan polonium. Dia bukan hanya wanita pertama yang memenangkan hadiah Nobel, tetapi dia juga orang yang pertama dan satu-satunya wanita untuk memenangkan dua kali hadiah Nobel dan merupakan satu dari hanya : dua orang, dan satu-satunya wanita, untuk memenangkan : hadiah Nobel dalam dua bidang ilmiah.

> lnsinyur Polandia Ignacy : Lukasiewicz menemukan lampu jalan modern pertama tahun 1853. Sebuah jalan di Warsawa masih menggunakan lampu yang sama yang dibuat oleh Lukasiewicz.

Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda di tahun 2017 yang membantu membangun studio televisi untuk Hope Channel Poland. Ryszard adalah pembicara

tetap di Hope ChannelPoland, afiliasi lokal Hope Channel International.

Oleh Andrew McChesney

Komentar