Berita Misi 8 Juli 2023 - Diselamatkan oleh Seekor Anjing

Diselamatkan oleh Seekor Anjing

Ayah tua itu menatap tajam pada orang Advent yang berusia 21 tahun yang singgah di apartemennya untuk pelajaran Alkitab.

Putranya yang berusia 16 tahun tidak ada di rumah untuk menerima lembaran kertas berisi pelajaran Alkitab di ibu kota Montenegro, Podgorica.

“Ini putra tunggalku,” kata sang ayah kepada Sekule. “Saya tidak memiliki siapa pun dalam hidup saya kecuali dia. Aku menunggunya seumur hidupku. Aku ingin tahu sesuatu tentangmu. Apakah Anda dari sekte?

Sekule ingin memberi tahu pria itu bahwa dia bukan bagian dari sekte tetapi seorang Advent Hari Ketujuh. Namun, dia takut.

"Kami bukan sekte," katanya. “Kami adalah orang Kristen yang percaya kepada Yesus Kristus dan Roh Kudus, dan kami hanya ingin membantu putra Anda memahami keyakinan dasar Alkitab. Putramu tidak akan belajar sesuatu yang salah.”

“Saya tidak ingin dia bergabung dengan sekte,”

kata sang ayah.

Kemudian sang ayah melontarkan ancaman yang membuat darah Sekule menjadi dingin.

“Jika ada yang membawa anak saya ke arah yang salah, saya siap membunuhnya dan membela keluarga saya,” katanya.

Saat itu tahun 1990-an, dan kebebasan mengudara setelah bekas Yugoslavia Soviet pecah menjadi sejumlah negara kecil, termasuk Montenegro. Sekule dan orang Advent lainnya menggunakan kebebasan mereka untuk mendistribusikan pendalaman Alkitab di ibu kota.

Setelah perjumpaan yang penuh amarah itu, Sekule bergumul dengan Tuhan selama seminggu. Dia khawatir tentang apa yang akan terjadi ketika dia kembali ke apartemen. Ketakutannya tumbuh setiap hari. Pada hari keenam, dia berlutut di hadapan Tuhan dan berkata, “Saya sangat takut. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Satu-satunya solusi adalah tidak kembali ke apartemen, tetapi itu bukan solusi karena saya telah berjanji kepada putranya untuk pergi ke sana. Aku butuh sesuatu yang istimewa dari-Mu. Tolong bantu."

Keesokan harinya, dia mengulangi doanya, mengambil pelajaran Alkitab, dan meninggalkan rumahnya untuk membagikannya. Saat dia berjalan ke apartemen pertama, dia melewati taman yang menjadi rumah bagi sekawanan anjing liar. Anjing terbesar meninggalkan kawanannya dan mengikuti Sekule.

"Pergi!" Sekule memberi tahu anjing itu. "Pergilah!"

Anjing itu mundur beberapa langkah tetapi kemudian mengikuti lagi.

Anjing itu menunggu di depan gedung apartemen pertama yang dikunjungi Sekule. Kemudian anjing itu mengikutinya ke yang berikutnya. Ketika Sekule datang ke gedung apartemen ayah yang mencurigakan itu, anjing itu mengikutinya menaiki tangga. Ini adalah pertama kalinya anjing itu mengikutinya ke gedung apartemen. Sekule menyadari bahwa Tuhan pasti berusaha menguatkan dia.

"Dengan anjing itu, kenapa kamu takut?" Tuhan sepertinya berkata. “Aku akan mengirim malaikat untuk melindungimu jika kamu membutuhkannya. Anjing ini adalah bukti nyata kehadiran-Ku. Apa yang tidak dapat kamu lihat adalah perlindungan-Ku untukmu.”

Sekule merasa terdorong.

Saat Sekule dan anjingnya tiba di depan pintu apartemen, Sekule berkata lagi, “Pergi! Pergilah!"

Anjing itu mundur tiga langkah menuruni tangga dan menatapnya.

Sekule membunyikan bel pintu.

Sang ayah membuka pintu. Ketika dia melihat Sekule, dia menjadi sangat marah. Dia meraung, "Tapi kamu—" Lalu dia melihat anjing itu dan mundur selangkah. Sambil menarik napas, dia berkata dengan suara yang lebih tenang, “Putraku telah memutuskan untuk tidak mengambil pelajaran Alkitab lagi.”

Ketika Sekule meninggalkan gedung, anjing itu berjalan ke arah yang berlawanan. Sekule tidak pernah melihat anjing itu lagi.

Sekitar 10 tahun berlalu, dan putranya menjadi penyanyi terkenal di Montenegro. Suatu kali, dalam sebuah wawancara media, dia berbicara tentang imannya. Dia berkata, "Saya benar-benar percaya, tetapi ada beberapa hal yang saya yakini berbeda dari agama tradisional kami ."

Ketika Sekule mendengar kata-kata itu, hatinya dipenuhi dengan sukacita. Dia tahu Tuhan telah menggunakan pelajaran Alkitab untuk kemuliaan-Nya.

Sekule tidak tahu apa yang terjadi pada putranya. Dia tidak lagi menyanyi atau tinggal di Montenegro. Namun Sekule mengetahui satu hal: Tuhan melindungi mereka yang membagikan Injil.

Bagian dari Persembahan Sabat Ketiga Belas kuartal ini akan membantu membangun perkemahan Pathfinder baru di kampung halaman Sekule di Montenegro di mana anak-anak dan remaja dapat belajar tentang Allah. Terima kasih telah merencanakan Persembahan Sabat Ketiga Belas yang murah hati.

Komentar