Berita Misi 22 Juli 2023 - Mahasiswa Seminari yang Enggan


Mahasiswa Seminari yang Enggan

Setelah memberikan hatinya kepada Yesus saat remaja, Stanislav menjadi sangat aktif di gereja asalnya di Serbia.

Dia mengkhotbahkan banyak khotbah, tetapi tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk menjadi seorang pendeta.

Kemudian pendeta gereja menyarankan agar dia pergi ke retret selama sebulan yang disebut, "Satu Bulan untuk Yesus."

Stanislav tidak mau pergi.

Acara itu untuk kaum muda, dan usianya mendekati 40 tahun. Dia menggelengkan kepalanya yang botak.Tetapi pendeta tidak mau menerima jawaban tidak. "Ini akan menarik," kata pende­ta." Tidak, saya tidak ingin pergi," kata Stanislav. "Jika Anda tidak ingin pergi sendiri, pergilah ke gere­ja," kata pendeta itu. Jadi, Stanislav pergi.

Yang membuatnya kecewa, hanya satu orang yang lebih tua darinya di retret. Dia berjuang untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang muda. Tetapi seorang pendeta tertarik padanya. "Anda harus pergi ke seminari Advent kami di Belgrade,"kata pendeta itu. "Tidak, saya sudah tua," kata Stanislav. "Selain itu, saya sudah bertahun-tahun tidak pergi ke seko­ lah. Saya sudah lupa cara menulis."

Tetapi pendeta itu sangat persu­asif. Dia begitu bersemangat dalam seruannya sehingga dia dan Stanis­lav bahkan menangis bersama. "Oke," kata Stanislav akhirnya. "Tetapi jika saya pergi ke seminari, saya akan kehilangan pekerjaan saya. Saya tidak punya uang untuk membayar uang sekolah, dan saya tidak punya tabungan." "Tuhan akan mengurus itu," kata pendeta.  Stanislav berjanji untuk berdoa dan berpuasa, dan dia melakukan­ nya.

Segera, hal-hal mulai terjadi.

Saat Stanislav memundurkan mobilnya saat mundur, mobil lain menabraknya. Dia berpikir, "Kamu tahu, mungkin ini pertanda untuk pergi ke seminari."

Kemudian dia bermain sepak bola dengan orang-orang muda.

Saat dia mengejar bola, dia menabrak pohon. Darah berceceran dimana-mana. Dia berpikir,"Mungkin ini pertanda kedua."

Saat dia beristirahat di luar ruangan, sesuatu jatuh ke matanya, menyebabkannya membengkak.

Dia berpikir, "Ini pasti pertanda.

Saya hanya perlu sedikit lebih baik, dan kemudian saya akan pergi."

Kemudian dia menjadi tuli di satu telinga. Dia berdoa,"Baik,Tuhan. Ini adalah kehendak-Mu. Saya harus per­gi. Saya bahkan tidak akan menung­gu retret berakhir."

Pada saat itu, Stanislav merasa­ kan sebuah suara bertanya,"Apakah Aku akan melakukan ini padamu?"

Dia berpikir,"Itu poin yang bagus. Bahkan jika itu adalah kehendakTuhan bagi saya untuk pergi, Dia mungkin tidak akan melakukan­ nya dengan cara ini."

Dia tinggal di retret. Setelah itu, dia pergi ke sem inari.Tetapi dia tidak yakin bahwa itu adalah materi pastoral. Dia berpikir, "Mungkin, saya akan gagal dalam ujian masuk."

Tetapi dia melewatinya.

Kemudian dia berpikir,"Baik, tetapi saya yakin saya akan gagal dalam wawancara langsung ketika mereka menanyai saya tentang kehidupan dan motif saya." Dia berdoa, "Tuhan, tolong ambilkan cawan ini dariku. Tetapi jadilah kehendak-Mu, bukan kehendakku."

Stanislav lulus wawancara dan diterima di seminari.

Stanislav tidak punya cukup uang untuk membayar uang sekolah. Dia belum menerima nilai bagus di sekolah menengah, dan dia yakin tidak ada yang akan berkontribusi untuk kebutuhan keuangannya.

Tetapi yang mengejutkannya, uang mengalir ke rekeningnya saat dia mendapatkan nilai A. Dia tidak tahu dari mana uang itu berasal, tetapi kiriman itu selalu menutupi pengeluarannya.

Ujian sangat menakutkan. Se­lama tahun pertamanya, Stanislav sangat mengkhawatirkan ujian te­ologi. Dia tidak punya waktu untuk mempersiapkannya setelah dia di­ minta untuk melakukan pekerjaan­ nya sendiri di kampus dan pekerja­ an beberapa mahasiswa yang telah pergi lebih awal. Stanislav hanya berhasil mempelajari sepertiga dari materi teologi

Dia berdoa,"Tuhan, Engkau tahu aku tidak melakukan ini dengan sengaja. Aku telah melakukan yang terbaik yang bisa kulakukan. Aku butuh bantuan."

Ketika dia duduk untuk mengi­kuti ujian, dia menemukan bahwa semua pertanyaan didasarkan pada materi yang telah dia pelajari! Dia dengan mudah lulus ujian.

Hari itu adalah titik balik bagi Stanislav. Dia menyadari bahwa dia perlu tinggal di seminari dan belajar.

Stanislav kemudian menjadi salah satu mahasiswa seminari pertama yang menerima beasiswa penuh. Ketika mahasiswa seminari yang enggan itu berbicara dengan AdventistMission, itu hanya bebera­pa minggu lagi dari kelulusannya. "Dari menjadi mahasiswa yang buruk, saya sekarang mendapat nilai A, yang cukup bagus," kata pria berusia 41 tahun itu. "Tuhan sedang bekerja. Saya tidak dapat melakukannya tanpa Dia."

Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda tiga tahun lalu yang membantu membuka gereja baru di area metro Belgrade, Serbia, tempat Stanislav mengha diri seminari.

Oleh Andrew McChesney

Komentar