Berita Misi 15 Juli 2023 - Misionaris Online

Misionaris Online

Saat Nemanja menelusuri Instagram, dia menyadari bahwa dia tidak dapat menemukan banyak halaman dengan pekabaran Advent Hari Ketujuh dalam bahasa aslinya, bahasa Serbia.

Dia bertanya-tanya, "Mengapa gereja kita tidak terwakili dengan baik di Instagram?" Kemudian dia bertanya pada dirinya sendiri, "Mengapa tidak ada yang melakukan sesuatu tentang itu?"

Pertanyaan berikutnya yang muncul di benaknya adalah, "Mengapa saya tidak melakukan sesuatu?" Maka, Nemanja memulai pelayanan online yang saat ini memiliki lebih dari 5.000 pengikut Instagram di seluruh dunia dan tambahan peserta di dua platform

media sosial lainnya. Selain memposting pekabaran tentang kepercayaan Advent di media sosial, Nemanja mengawasi 10 kelompok belajar Alkitab kecil yang masing-masing terdiri dari 20-30 orang di Instagram. Sedikitnya 10 orang muda telah dibaptis selama dua tahun terakhir, dan beberapa sedang belajar untuk menjadi pendeta di seminari Advent di ibu kota Serbia, Beograd.

Bagaimana rasanya menjadi misionaris online? Bisa menakutkan, kata Nemanja, 25 tahun.

Seorang pemuda menulis bahwa hidupnya terancam oleh roh jahat. Roh jahat, yang mengidentifikasi dirinya sebagai dewa, berkata bahwa dia telah membunuh orang lain. "Bisakah kamu berdoa untukku?" pemuda itu bertanya pada Nemanja.

Nemanja mengadakan kelompok doa online yang terdiri dari 10 orang, dan mereka berdoa. Dua hari kemudian, pemuda itu menulis surat untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya.

Tip Cerita
> Ucapkan Nemanja sebagai: neMAN-ya.
> Unduh foto di Facebook: bit.ly/ fb-mq.
> Unduh Postingan Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Trans-Eropa: bit.ly/TED-2023.
> Kisah misi ini mengilustrasikan komponen-komponen berikut dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh "I Will Go": Tujuan Misi No. 1, "Untuk menghidupkan kembali konsep misi di seluruh dunia dan pengorbanan untuk misi sebagai cara hidup yang melibatkan tidak hanya pendeta tetapi setiap anggota jemaat, tua dan muda, dalam sukacita bersaksi bagi Kristus dan menjadikan murid"; dan Tujuan Pertumbuhan Rohani No. 5, "Memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi Roh." Tujuan Pertumbuhan Rohani No. 6, "Meningkatkan aksesi, retensi, reklamasi, dan partisipasi anak-anak, remaja, dan orang muda dewasa"; dan Tujuan Pertumbuhan Rohani No. 7, "Membantu kaum muda dan orang muda dewasa menempatkan Allah sebagai yang utama dan memberikan contoh pandangan dunia yang alkitabiah." Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web: IWillGo2020.org.

 

Pos Misi
> Dengan terbentuknya Yugoslavia di akhir Perang Dunia I, Uni Konferens Yugoslavia didirikan di Novi Sad (Serbia) tahun 1925, dan sesudahnya dipindahkan ke Belgrade.

"Kemarin, serangan rohnya berkurang, dan hari ini dia tidak menyerang sama sekali,"tulisnya.

Pemuda itu telah bergabung dengan salah satu kelompok belajar Alkitab Online Nemanja.

"Tuhan telah membantunya," kata Nemanja.
Kelompok belajar Alkitab Nemanja lainnya, adalah kelompok untuk wanita, menerima pesan dari seorang wanita bernama Tamara di Wina, Austria. Dia menulis bahwa dia sangat ingin ikut dalam Perjamuan Kudus tetapi tidak tahu ke mana harus pergi. Setelah memposting pesannya ke grup, dia langsung menulis ke Nemanja untuk menanyakan gereja mana yang akan dihadiri."Itu mudah,"balas Nemanja. "Baca Alkitab dan berdoa, maka Tuhan akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan."

Tamara menjawab dengan sopan bahwa dia sudah membaca Alkitab dan berdoa. Nemanja mengirimkan bahan pelajaran dan beberapa postingan Instagramnya.

"Terima kasih,"tulis Tamara. "Tetapi aku masih belum menemukan jawabannya."

Dia meminta bantuan untuk ketiga kalinya. Kali ini, Nemanja menjawab, "Saya sarankan Anda pergi ke gereja Advent Hari Ketujuh."

Tamara tidak puas dengan jawabannya dan memutuskan untuk mengunjungi gereja lain. Namun, ketika dia tiba, dia tidak dapat menemukan tempat untuk parkir. Dia berkeliling berputar-putar tetapi masih tidak dapat menemukan tempat kosong. Saat dia mengelilingi gereja di Austria, seorang wanita Advent yang terletak sekitar 300 mil (500 kilometer) jauhnya di Bosnia dan Herzegovina memperhatikan pos awal Tamara mencari bantuan di kelompok belajar Alkitab wanita.

"Hei Tamara,"tulis wanita itu. "Akan ada Perjamuan Kudus pada hari Sabtu. Ini alamat gereja di Wina."

Tamara terkejut. "Saya sedang mencari tempat parkir dan merasa sangat sedih,"tulisnya kembali. "Pada saat itulah saya menerima pesan Anda." Dia pergi ke gereja Advent untuk Perjamuan Kudus pada hari Sabat itu. Sekarang dia sedang bersiap untuk baptisan.
Suatu malam, saat Nemanja sedang bersiap untuk tidur, sebuah pemikiran muncul di benaknya, "Kamu harus berdoa untuk Aleksa." Aleksa telah menerima kebenaran setelah bergabung dengan kelompok belajar Alkitab online tetapi belum dibaptis. Kemudian dia meninggalkan grup itu, berkata, "Saya tahu kebenaran, tetapi saya tidak menginginkannya. Saya ingin menjalani hidup."

Nemanja memutuskan untuk berdoa malam itu. Dia berdoa dengan doa yang sangat sederhana."Tolong,Tuhan, sentuh hatinya. Amin," katanya.

Keesokan harinya, Aleksa menulis, "Dengar, saya merasa Roh Kudus menyentuh hati saya"

Nemanja kagum. Persis seperti itulah yang dia doakan.'Alangkah baiknya jika dia menulis,'Saya ingin kembali ke grup,"'kata Nemanja."Tetapi dia menulis bahwa dia benar-benar mengalami apa yang telah saya doakan. Dia kembali ke grup setelah itu."

Pemuda lain secara aktif mencerca Advent di media sosial.

Nemanja menulis kepadanya,"Hei, kenapa kamu tidak membaca The Great Controversy (Kemenangan Akhir)?"

"Oke, akan saya coba,"jawab pemuda itu. Dia membaca seluruh buku Ellen White dalam satu malam. Keesokan harinya,dia berkata,"Sepertinya saya menjadi seorang Advent."

Dia menerima bahwa gereja Advent mengajarkan kebenaran Alkitab. Sekarang dia sedang bersiap untuk pembaptisan.

Nemanja adalah hasil dari pendidikan Advent Hari Ketujuh yang didanai oleh Persembahan Sabat Ketiga Belas. Sebagai seorang remaja, dia belajar di sekolah menengah Advent di Novi Sad, Serbia, yang dibuka dengan bantuan Persembahan Sabat Ketiga Belas yang dikumpulkan pada triwulan ketiga tahun 1997. Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda yang memiliki efek riak pada banyak kehidupan.

Komentar