Renungan Pagi 26 Februari 2023 - KASIH YANG PEDULI PADA KELUARGA MANUSIA

 


KASIH YANG PEDULI PADA KELUARGA MANUSIA

"Aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku" (Amsal 8: 31).

Di semua waktu dan di semua tempat Yesus menyatakan kasih yang peduli pada keluarga manusia, dan memancarkan di sekitar-Nya sinar keceriaan yang saleh—Amanat kepada Orang Muda, hlm. 512.

Ia menarik hati orang oleh menggabungkan diri-Nya dengan mereka sebagai seorang yang menginginkan kebahagiaan mereka. Ia mencari mereka di jalan umum, di rumah pribadi, di perahu, di tempat kebaktian, di tepi danau, dan di pesta nikah. Ia menemui mereka di tempat pekerjaan mereka sehari-hari, dan menunjukkan perhatian pada soal-soal kehidupan mereka—Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 151.

Yesus mencela pemanjaan diri dalam segenap bentuknya, namun Ia bersifat suka bergaul. Ia menerima keramahtamahan dari segala golongan masyarakat, mengunjungi rumah-rumah para hartawan dan fakir miskin, yang terpelajar dan yang bodoh, serta berusaha mengangkat pikiran mereka dari soal-soal hidup biasa kepada perkara-perkara yang bersifat rohani dan kekal. Ia tidak mengizinkan pemborosan, dan tidak ada bayang-bayang kesembronoan duniawi menodai kelakuan-Nya; namun Ia merasa senang melihat peristiwa kebahagiaan yang polos, dan dengan hadirat-Nya Ia membenarkan pertemuan sosial—Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 150.


Komentar