Berita Mission 4 Februari 2023 - Waktu Tuhan

Waktu Tuhan

Seorang pendeta distrik, saya belajar tentang pemahaman surga tentang waktu. Kesempatan: Saya memimpin pertemuan penginjilan selama tiga minggu di Tanzania.

Penyelenggara memilih musim kemarau untuk perhimpunan di Moshi, sebuah kota di kaki Gunung Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika.

Namun hujan lebat mulai turun setelah minggu pertama.

Khawatir hujan akan membuat orang-orang tetap di rumah, saya menyarankan agar kami menjadwal ulang pertemuan untuk nanti.

Yang mengejutkan saya, ketua komite penginjilan lokal, seorang awam, menolak.

“Tidak, Pendeta, kami tidak akan menunda,” katanya. “Kami berdoa tentang pertemuan ini cukup awal, dan Tuhan kami mendengar doa kami dan mengetahui hujan akan turun.”

"Jadi apa yang harus kita lakukan?" Saya bilang. “Anda dapat melihat bahwa hujan turun dengan deras.”

Sedikit Iman

“Kita harus memiliki sedikit keyakinan untuk percaya bahwa Tuhan kita bisa peka tentang waktu pertemuan,” katanya.

“Mari kita berdoa seperti ini, “Tuhan kami yang baik, Anda dapat membiarkan hujan turun sebanyak yang Anda inginkan, tetapi janganlah ada hujan dari pukul 15:30 sampai 18:30”

Dengan cara ini orang akan memiliki waktu 30 menit untuk pergi ke pertemuan pukul 16:00 dan 30 menit untuk pulang setelah pertemuan berakhir pada pukul 18:00

Saya tidak yakin dengan permintaan seperti itu, tetapi saya bergabung dalam doa.


Keesokan paginya, hujan turun dengan derasnya. Hujan terus berlanjut hingga sore hari. Namun tepat pada pukul 15.30, berhenti.


Pertemuan kami dimulai pada jam 4 sore, dan saya berkhotbah sampai jam 6 sore. Hujan mulai lagi pada jam 6:30 sore

Cuaca mengikuti jadwal ini selama dua minggu.

Hujan turun hingga pukul 15.30, berhenti, lalu mulai lagi pada pukul 18.30

Suatu hari, seorang pengunjung tiba di lokasi pertemuan pada pukul 15.00 untuk mendapatkan tempat duduk yang baik.

Dia menunggu beberapa saat dan, melihat hujan deras, memutuskan bahwa pertemuan itu akan dibatalkan dan pergi.

Keesokan harinya dia bertanya apakah kami pernah bertemu.

“Tentu saja,” jawabku. “Kami tidak meminta Tuhan untuk menghentikan hujan pada jam 3 sore. Kami meminta jam 3:30 sore, jadi kamu seharusnya peka tentang itu.”

"Saya tidak akan pernah melakukan kesalahan itu lagi," kata pria itu.

Setelah itu, dia menunggu hingga pukul 15.30 untuk pergi ke perhimpunan, dan dia tidak pernah basah.

12 Pembaptisan

Pada hari Sabat, kami tiba-tiba menyadari bahwa kami lupa meminta Tuhan menghentikan hujan untuk kebaktian pagi. Tapi Tuhan tahu kelemahan kami, dan tidak ada hujan yang turun dari jam 9 pagi sampai siang.

Pada Sabat terakhir, saya membaptis 12 orang di sebuah sungai. Saat saya membawa orang terakhir keluar dari air, hujan mulai turun.

"Kamu sangat diberkati," kataku padanya. “Kamu sedang dibaptis dengan air sungai dan hujan surgawi.”

Pengalaman itu mengajari saya bahwa Tuhan peka terhadap waktu. Meskipun Tuhan mungkin tidak menghadapi batasan waktu seperti kita, Dia mengharapkan kita juga peka terhadap waktu, dan menjadi penatalayan waktu yang baik. Paulus memberi tahu kita, “Maka lihatlah bahwa kamu berjalan dengan hati-hati, bukan sebagai orang bodoh tetapi sebagai orang bijak, memanfaatkan waktu” (Efesus 5:15-16, NKJV) .

Jika saya bekerja lembur dalam pertemuan penginjilan itu, orang-orang harus berjalan pulang dalam hujan. Beberapa mungkin masuk angin atau tidak kembali. Manajemen waktu itu penting.

Izinkan saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dalam berdoa kepada Tuhan agar peka terhadap waktu: “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami, sehingga kami beroleh hati yang bijaksana” ( Mazmur 90:12 ).

Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda yang tepat waktu yang akan membantu enam proyek misi di seluruh Divisi Afrika Timur-Tengah, termasuk pembangunan balai serbaguna yang sangat dibutuhkan di Universitas Arusha di Tanzania.

Komentar