Berita Mission Sabat 13 | 26 Maret | Thailand Charmaine Ku, 38 Tahun

Kesempatan Terakhir bagi Tuhan

Selama dua Sabat terakhir, kita telah mendengar tentang bagaimana Tuhan membantu Charmaine belajar bagaimana menghormati ibunya. Hari ini, kita akan mendengar bagaimana dia memberikan hatinya kepada Yesus

> Lagu Pembukaan “Ingat Hari Sabat,“ LSEL, No. 347 

> Doa Pembukaan ..................................... 

> Program Sabat Ketiga Belas “Ajar Kami untuk Berdoa”

 > Persembahan Dikumpulkan > Lagu Penutup “Maju Tentra Yesus” 

> Doa Penutup .....................................


Ya Tuhan, saya memberi Engkau satu kesempatan terakhir,” doaku. “Saya telah menghadiri begitu banyak acara gereja di masa lalu, tetapi tidak ada yang mengubah hidup saya. Saya masih terus jatuh, jadi apa gunanya? Bukankah lebih baik tetap di bawah daripada bangkit dan mencoba untuk kembali kepada-Mu lagi dan lagi? Saya memiliki liburan dua minggu yang akan datang, dan saya hanya ingin tinggal jauh dari rumah. Jadi, saya akan pergi ke sekolah pelatihan Alkitab. Tuhan, ini adalah kesempatan terakhir-Mu. Jika ini tidak berhasil, saya berjanji kepada-Mu bahwa Engkau akan kehilangan saya selamanya!” Tumbuh dalam keluarga Masehi Advent Hari Ketujuh di Malaysia, saya pergi ke gereja dan berpartisipasi dalam kebaktian sejak kecil. Tetapi saya tidak menemukan sukacita dalam hal-hal rohani. Saya menikmati berkencan dengan pria non-Kristen selama delapan tahun. Saya menikmati pekerjaan saya yang bergaji tinggi sebagai guru musik di sekolah internasional. Tetapi saya tidak memiliki kedamaian, jadi saya berdoa dan pergi ke sekolah Alkitab yang diselenggarakan gereja. Kami menghabiskan dua minggu mempelajari bait suci. Saya tidak tahu apa-apa tentang bait suci. Saya tidak sering membaca Alkitab, dan pergi ke gereja hanyalah rutinitas. Anggota gereja memberitahu saya bagaimana bertindak sebagai seorang Advent, tetapi saya tidak pernah memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan. Di sekolah Alkitab, saya membaca Yehezkiel 37: 4—5, yang mengatakan, “ Lalu firman-Nya kepadaku: “Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN! Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi napas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.” Penglihatan tulang kering mengajari saya bahwa kebangunan rohani yang sejati hanya dapat datang dengan mendengarkan Firman Tuhan dan kehadiranNya, yaitu Roh Kudus. Saya membutuhkan hubungan pribadi dan langsung dengan Tuhan yang bermitra dengan kehidupan doa yang secara konsisten meminta Roh Kudus. Dalam mempelajari bait suci, saya belajar tentang kasih pengorbanan Tuhan. Saya belajar bahwa Dia memiliki kuasa untuk mengampuni semua dosa saya dan bahwa keinginan terdalam-Nya adalah untuk hidup bersama saya selamanya. Kasih Tuhan sepenuhnya merangkul semua kekosongan dan kehancuran dalam hidup saya. Saya memberikan hati saya kepada Yesus, dan Dia mulai bekerja dengan luar biasa dalam hidup saya. Sesuatu yang tidak terduga terjadi ketika saya kembali bekerja sebagai guru musik untuk anakanak berusia 5 hingga 6 tahun. Di sekolah, saya diharapkan untuk memasukkan perayaan duniawi yang melibatkan Sinterklas, elf, peri, dan penyihir ke dalam pelajaran musik. Suatu hari, saya memberikan pelajaran tentang mendengarkan dan meminta anak-anak untuk mencocokkan rekaman suara yang saya mainkan dengan gambar jam kakek yang berdetak, kelelawar yang mengepak, dan kerangka yang berderak di kastil berhantu. Yang mengejutkan saya, dua siswa terbaik saya, Ethan dan Lucas, tidak akan berpartisipasi. Mereka menutup telinga mereka saat saya memainkan suara dan kemudian menolak untuk berpartisipasi dalam bernyanyi bersama tentang kastil berhantu. Di akhir kelas, saya berbicara dengan mereka. “Ada apa dengan kalian berdua hari ini?” saya menuntut. “Mengapa kamu tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan?” Ethan menoleh ke arah saya dan berkata, “Saya seorang Kristen. Saya tidak bisa mendengarkan ini.” Kemudian anak laki-laki malang itu menangis. Lucas menoleh ke arahku dan menganggukkan kepalanya dengan sungguh-sungguh. Itu adalah salah satu teguran terbesar yang saya terima dalam hidup saya. Tuhan berbicara kepada saya dengan penuh kuasa melalui anak-anak kecil itu. Saya berpikir, “Mengapa saya mengajar anak-anak tentang hal-hal Iblis?” Pada liburan dua minggu berikutnya, saya kembali ke sekolah Alkitab, di mana kami belajar tentang bagaimana Daniel dan ketiga temannya telah bertekad dalam hati mereka untuk setia kepada Tuhan di hadapan Raja Nebukadnezar. Saya ingat bagaimana Ethan dan Lucas memiliki tujuan dalam hati mereka untuk setia kepada Tuhan di hadapan saya. Saya merasa yakin bahwa Tuhan ingin saya berhenti dari pekerjaan saya, tetapi saya tidak dapat pergi dengan kekuatan saya sendiri. Saya berbagi cerita saya dengan seorang pemimpin sekolah Alkitab. ”Anda memiliki kesaksian yang sangat luar biasa,” katanya. “Tetapi masalahnya adalah tidak ada tindakan.” Sekitar waktu yang sama, Tuhan berbicara kepada saya melalui renungan pagi saya. Saya membaca dalam buku Christ’s Object Lessons karya Ellen White, “Ketika seruan Roh Kudus datang ke hati, satu-satunya keselamatan kita terletak pada menanggapinya tanpa penundaan. Ketika panggilan datang, ‘Pergilah bekerja hari ini di kebun anggur-Ku,’ jangan menolak undangan itu. ‘Pada hari ini, jika kamu mendengar suaraNya, janganlah keraskan hatimu!’ Ibrani 4: 7. Tidak aman untuk menunda ketaatan. Anda mungkin tidak akan pernah mendengar undangan itu lagi” (hlm. 280). Dengan hati yang berserah sepenuhnya kepada Tuhan, saya berhasil menulis dan menyerahkan surat pengunduran diri saya. Saya kembali ke sekolah Alkitab selama lima bulan berikutnya, tetapi pergumulan internal meletus antara kehendak saya dan kehendak Tuhan. Pekerjaan mengajar saya dibayar dengan baik, dan saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa uang. Keinginan saya untuk menjadi mandiri mengambil alih, dan saya menemukan pekerjaan yang menawarkan gaji lebih dari yang sebelumnya. Namun, terkadang saya harus bekerja pada hari Sabat. Ketika saya meminta nasihat dari seorang pendeta di sekolah Alkitab, dia dengan berani mengatakan kepada saya, “Anda baru saja keluar dari pekerjaan Anda sebelumnya, dan sekarang Anda ingin masuk lagi?” Tidak peduli seberapa besar pertempuran, Tuhan lebih besar, dan Dia tidak pernah membiarkan saya menghadapi godaan yang tidak dapat saya atasi dengan bantuan-Nya. Pada menit terakhir, Tuhan membuka pintu yang tak terduga. Saya ditawari pekerjaan mengajar taman kanak-kanak di Adventist International Mission School di Korat, Thailand. Saya sangat terkejut dengan waktu-Nya! Kemudian saya teringat akan firman-Nya, “ Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN” (Yesaya 55: 8—9). Tuhan itu baik, dan Dia telah menjawab doa saya untuk terus mengajar musik. Setelah dua tahun menjadi guru taman kanak-kanak, saya menjadi Direktur Departemen Musik di sekolah misi. Saya tidak pernah begitu damai atau begitu penuh sukacita seperti saat ini. Tuhan telah memenangkan hati saya, dan sekarang adalah keinginan saya untuk membawa jiwa-jiwa yang terhilang ke dalam keindahan kasih-Nya. Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda tiga tahun lalu yang membantu sekolah Charmaine, Sekolah Misi Internasional Advent, berkembang menjadi sekolah menengah dan membangun kompleks ruang kelas dan bangunan lain di lokasi baru di Korat, Thailand. Saat ini, kita akan mengumpulkan Persembahan Sabat Ketiga Belas untuk membantu menyebarkan Injil ke seluruh Divisi Asia-Pasifik Selatan. Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda yang murah hati. (Persembahan Dikumpulkan) 

Oleh Charmaine Ku

Tips Cerita 

> Mintalah seorang wanita untuk membagikan akun ini.

> Unduh foto di Facebook: bit.ly/ fb-mq. 

> Unduh Posting Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Selatan: bit.ly/ssd-2022. 

>Melalui pimpinan Roh Kudus dalam kehidupan Charmaine, kisah misi ini menggambarkan Tujuan Roh Kudus dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: “Didefinisikan sebagai pimpinan Roh Kudus.” Sekolah misi di Thailand menggambarkan Tujuan Misi No. 2, “Untuk memperkuat d a n m e n d i v e r s i f i k a s i penjangkauan Advent di kotakota besar, melintasi Jendela 10/40, di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau untuk agamaagama non-Kristen.” Pelajari lebih lanjut di IWillGo2020.org.

Fakta Singkat 

Thailand berarti “tanah kebebasan” dan dikenal sebagai Siam sampai tahun 1939. Thailand adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan Eropa. Pada tahun 1932, sebuah revolusi menyebabkan monarki konstitusional, di mana raja adalah kepala negara, tetapi seorang perdana menteri dipilih dari antara anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan diangkat oleh raja.

Komentar