Berita Mission Sabat 12 | 19 Maret | Thailand Charmaine Ku, 38 Tahun

Pengampunan Ibu, Bagian 2

Sabat yang lalu: Setelah Charmaine menyerahkan hidupnya kepada Kristus di Malaysia, dia menyadari bahwa dia perlu menghormati ibunya seperti yang diperintahkan oleh Hukum Kelima. Tetapi bagaimana caranya? S aya berdoa dengan sungguhsungguh selama dua tahun tentang dosa saya ini, dan kadang-kadang saya bahkan mempertanyakan Tuhan. “Ya Tuhan, bagaimana caranya Engkau akan mengubah saya?” saya berdoa. “Tolong lakukan sesuatu!” Kedua adik saya pulang ke Malaysia untuk reuni keluarga besar di akhir tahun 2018. Kakak perempuan saya dan suaminya tiba dari Amerika Serikat, dan adik lakilaki saya berasal dari Thailand. Itu adalah kesempatan langka untuk seluruh keluarga boleh bersama karena kami tinggal sangat jauh. Adikku, Luther, yang 11 tahun lebih muda dari saya, menyadari masalah saya dengan ibu. Pada hari dia terbang kembali ke Thailand, dia meninggalkan sepucuk surat untuk saya di buku renungan pagi. Saya menemukan surat itu keesokan paginya. Luther menulis: Dengan berat hati saya menulis surat ini. Saya bersyukur dan memuji Tuhan bahwa Anda telah belajar banyak kebenaran dan itu telah membawa perubahan positif dalam hidup Anda. Sungguh suatu kegembiraan melihat saudara perempuan saya berjalan di jalan pelayanan, sesuatu yang saya banggakan dan hormati ketika saya melihat Anda. Kemuliaan dan pujian bagi-Nya! Setelah berdoa dan merenungkan dalam keadaan saya yang penuh dosa dan ketidaksempurnaan, saya berhasil mengumpulkan keberanian untuk menulis kepada Anda dari hati saya tentang urusan dan hubungan Anda dengan ibu kita. Saya mengerti bahwa ibu kita tidak sempurna. Dia terkadang tidak masuk akal, dan dia membuat kita kesal. Namun, dia adalah ibu yang diberikan Tuhan kita yang sempurna kepada kita, untuk dikasihi, diperlakukan dengan hormat, dan untuk patuh. Saya tahu betul bahwa ibu kita memiliki kekurangannya, tetapi niatnya selalu sebagai ibu terhadap anak yang dia asuh. Mungkin kita tidak pernah memiliki hak istimewa untuk memahami sepenuhnya mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan. Saya khawatir Anda tidak menyadari bahwa Anda memiliki sikap impulsif terhadap ibu kita yang tidak masuk akal dan menunjukkan buah dari ketidaksabaran, ego, dan kesombongan. Saya juga khawatir bahwa ini bisa menjadi batu sandungan bagi orang-orang di sekitar Anda ketika mereka melihat bagaimana Anda memperlakukan dan berbicara tentang ibu kita. Sekali lagi, saya menulis ini dengan berat hati, dan dengan maksud untuk menegur saudara perempuan saya yang saya cintai dan sayangi. Saya mungkin tidak menyampaikan ini dengan baik, tetapi saya percaya dan berdoa agar Roh Kudus secara pribadi berbicara ke dalam hati Anda dan memberi Anda semangat untuk memperbaiki hubungan. Penuh cinta dan doa, Adikmu. Setelah membaca surat itu, saya menangis selama lebih dari satu jam, memohon pengampunan kepada Tuhan dan pada saat yang sama memuji Tuhan karena berbicara kepada saya melalui saudara laki-laki saya. Sementara kedaginganku masih ingin mempermalukan ibu, saya belum sanggup untuk berbicara kepada ibu sejak hari itu. Tuhan menjawab doa saya! Seperti yang dijanjikan-Nya, “Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat” (Yehezkiel 11: 19). Hubungan saya yang rusak dengan ibu dipulihkan melalui kuasa Roh Kudus. Saya memuji Tuhan karena memperbaiki hubungan kami sebelum saya meninggalkan rumah. Hanya enam hari setelah menerima surat saudara laki-laki saya, saya terbang ke Malaysia bagian barat untuk menghadiri sekolah pelatihan Alkitab yang diselenggarakan gereja. Ibu mengantar saya ke bandara, dan saya memberinya pelukan perpisahan. Itu adalah pelukan pertama yang saya berikan padanya selama lebih dari 10 tahun. Enam bulan kemudian, saya pindah ke Thailand dan mulai bekerja sebagai guru taman kanak-kanak di Sekolah Misi Internasional Advent di Kota Korat. Tak seorang pun mungkin akan menyalahkan saya jika saya meninggalkan rumah tanpa menyelesaikan konflik dengan ibu. Tetapi Tuhan tidak membiarkan dosa saya yang menang. Tuhan, pada waktuNya yang sempurna, melakukan keajaiban dalam hidup saya dan membiarkan dosa ini dibersihkan sepenuhnya dari saya sebelum saya pindah ke Thailand.  Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda tiga tahun lalu yang membantu sekolah Charmaine yang berkembang pesat, Sekolah Misi Internasional Advent, berkembang menjadi sekolah menengah dan membangun kompleks ruang kelas dan bangunan lain di lokasi baru di Korat. Terima kasih atas doa-doa Anda untuk anak-anak sekolah dan untuk Charmaine dan guru-guru lainnya. 

Oleh Charmaine Ku

Tips Cerita 

>Minta seorang wanita untuk membagikan ini terlebih dahulu. 

>Ketahuilah bahwa Sabat berikutnya kita akan mendengar tentang bagaimana Charmaine memberikan hatinya kepada Yesus. 

>Unduh foto di Facebook: bit.ly/fb-mq. 

>Unduh Pos Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Selatan: bit.ly/ssd-2022. 

>Melalui pimpinan Roh Kudus dalam kehidupan Charmaine, kisah misi ini menggambarkan Tujuan Roh Kudus dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: “Didefinisikan sebagai pimpinan Roh Kudus.” Sekolah misi di Thailand menggambarkan Tujuan Misi No. 2 “Untuk memperkuat dan mendiversifikasi penjangkauan Advent di kota-kota besar, melintasi Jendela 10/40, di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau untuk agama-agama non-Kristen.” Pelajari lebih lanjut di IWillGo2020.org

Komentar