Berita Mission Sabat 11 | 12 Maret | Thailand Charmaine Ku, 38 Tahun


Pengampunan Ibu, Bagian I

Ketika saya menyerahkan hidup saya kepada Yesus, Roh Kudus meyakinkan hati saya tentang dosa yang telah saya perjuangkan selama bertahun-tahun. Dosa khusus ini melanggar salah satu dari Sepuluh Perintah: “Hormatilah ayahmu dan ibumu” (Keluaran 20: 12). Saya menyadari dosa itu ketika saya berdoa sebagaimana Daud, “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!” (Mazmur 139: 23—24). Mungkin masalahnya dimulai ketika saya berkencan dengan seorang pria non-Kristen di tanah air saya di Malaysia. Ibu tidak menyukai pacarku, dan dia tidak merahasiakannya. Dia terkadang mengabaikannya ketika dia menyapanya “halo.” Dia sepertinya memutar matanya setiap kali dia melihatnya. Ketegangan yang mengerikan ini berlangsung selama delapan tahun selama saya berkencan dengannya. Saya juga keras kepala. Saya tidak pernah mempertimbangkan pendapat ibu saya, dan saya sering membuat dia dalam kesulitan. Sampai-sampai saya jarang pulang ke rumah kecuali untuk tidur karena tidak ingin menghabiskan waktu bersama ibu. Saya mulai berdoa kepada Tuhan untuk pengampunan, dan saya meminta Tuhan untuk membantu saya dalam mematuhi Perintah Kelima. Tetapi setiap hari saya gagal selama dua tahun berikutnya. Saya berdoa di pagi hari, dan saat saya berjalan keluar dari kamar tidur saya dan mulai berbicara dengan ibu, kemarahan memenuhi saya. Saya dan ibu hanya tidak saling berhadapan, dan dia benar-benar membuat saya kesal. Saya berdoa lebih sungguhsungguh, tetapi saya bahkan mulai tidak menyukai suaranya yang mengetuk pintu saya dan memberi tahu saya bahwa makanan sudah siap. Saya adalah anak yang sangat tidak sopan, dan sepertinya saya tidak bisa menahannya. Saya berhenti berbicara dengan ibu selama beberapa bulan. Ketika dia mencoba untuk memulai percakapan dengan saya, saya benar-benar mengabaikannya. Saya tidak tahu bagaimana berbicara dengannya. Rupanya, saya tidak akan bisa memaafkannya. Saya lebih banyak berdoa. Tuhan menjawab saya melalui Alkitab. Suatu pagi, saya membaca kata-kata Yesus dalam Matius 6: 14—15, “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” Kemudian saya membaca dalam Steps to Christ oleh Ellen G. White, “Perang melawan diri sendiri adalah pertempuran terbesar yang pernah terjadi. Penyerahan diri, penyerahan semua pada kehendak Tuhan, membutuhkan perjuangan; tetapi jiwa harus tunduk kepada Allah sebelum dapat diperbarui dalam kekudusan” (halaman 43). Saya menyadari bahwa saya berpegang teguh pada dosa yang berbahaya. Saya harus belajar memaafkan ibu, tetapi saya benar - benar tidak bisa melakukannya karena saya tidak bisa merendahkan diri untuk menerima dan memaafkannya. Tuhan terus bekerja di hati saya, dan Dia membantu saya untuk mulai berbicara dengan ibu lagi. Puji Tuhan! Itu adalah sebuah permulaan. Tetapi saya tahu bahwa perjalanan saya masih panjang. Meskipun kami berbicara, percakapan kami tidak memiliki kasih dan kesabaran. Dalam kebijaksanaan manusiawi saya, saya dapat membuat daftar banyak alasan mengapa dia pantas diperlakukan dengan kasar. Berkali-kali, saya berpikir bahwa dia perlu diberi pelajaran karena hubungan kami yang rusak bukan sepenuhnya salah saya. Saya berdoa agar Roh Kudus mengubah saya tetapi, jika itu tidak mungkin, untuk mengubah ibu. Saya teringat kutipan terkenal dari penulis yang tidak dikenal, “Terkadang Tuhan tidak mengubah situasi Anda karena Dia ingin mengubah hati Anda.” Saya semakin yakin bahwa Tuhan ingin mengubah saya. Tetapi bagaimana caranya? Saat ini Charmaine adalah seorang guru taman kanak-kanak di Adventist International Mission School di Korat, Thailand. Sebelum dia masuk sekolah, dia akhirnya bisa berdamai dengan ibunya. Cari tahu lebih lanjut Sabat depan. Terima kasih atas Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda tiga tahun lalu yang membantu sekolah Charmaine, Sekolah Misi Internasional Advent, berkembang menjadi sekolah menengah dan membangun ruang kelas dan bangunan lain di sebidang tanah baru. 

Oleh Charmaine Ku


Tips Cerita 

>Minta seorang wanita untuk membagikan akun ini terlebih dahulu. 

>Unduh foto di Facebook: bit. ly/fb-mq. 

>Unduh Pos Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Selatan: bit.ly/ssd-2022. 

>Melalui pimpinan Roh Kudus dalam kehidupan Charmaine, kisah misi ini menggambarkan Tujuan Roh Kudus dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: “Didefinisikan sebagai pimpinan Roh Kudus.” Sekolah misi di Thailand menggambarkan Tujuan Misi No. 2, “Untuk memperkuat dan mendiversifikasi penjangkauan Advent di kota-kota besar, melintasi Jendela 10/40, di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau dan untuk agama-agama non-Kristen.” Pelajari lebih lanjut di IWillGo2020. org. 

Pos Misi 

>Orang Advent pertama yang mengunjungi Thailand adalah RA Caldwell, yang bekerja di Bangkok selama beberapa minggu pada akhir tahun 1906 atau awal 1907. Lebih dari 10 tahun kemudian, kolportir dari sekolah misi Singapura, yang bekerja di Bangkok dengan bukubuku Tiongkok, melaporkan menemukan sebuah kelompok dari pemelihara Sabat. Hal ini menyebabkan misi permanen didirikan pada tahun 1919; E.L. Longway, Forrest A. Pratt, dan Tan Thiam Tsua, yang telah menerima ajaran gereja di Tiongkok, menetap di Bangkok. >Orang Thai pertama yang bertobat adalah seorang pemuda yang dibaptiskan oleh Forrest A. Pratt pada tahun 1925 dan kemudian menjadi asisten manajer bisnis Sanitarium dan Rumah Sakit Bangkok.

Komentar