SBerita Mission Sabat 6 | 5 Februari | Timor Leste Elizita Da Silva, 37 Tahun - Pemukulan Memperkuat Iman

Pemukulan Memperkuat Iman

Suatu hari adik perempuan saya menelepon saya dengan penuh semangat. “Kakak,” katanya, “Saya sedang belajar Alkitab, dan pelajarannya sangat bagus. Datanglah ke sini, dan kita dapat belajar bersama dengan para misionaris.” Mendengar antusiasme dalam suara saudara perempuan saya, rasa ingin tahu saya bangkit, dan saya bertemu dengannya dan sepasang suami istri, Yuliana dan Luis, yang adalah pekerja Alkitab. “Tolong, ajari saya tentang Alkitab,” saya bertanya kepada mereka. Saya sedang belajar di sebuah universitas di Dili, Ibu Kota Timor Leste. Kakak saya, Ermelinda, sedang belajar di sebuah sekolah menengah di kota yang sama. Kami berdua berasal dari desa pedesaan kecil. Saya belajar Alkitab dengan pasangan itu hampir setiap hari. Pelajaran Alkitab membuat saya terpesona. Saya belajar tentang kasih Tuhan yang besar bagi saya. Saya belajar bahwa salah satu cara saya dapat menunjukkan kasih saya kepada Tuhan adalah dengan menghormati Dia melalui menjaga tubuh saya, termasuk dengan makan makanan yang halal. Saya belajar bahwa cara terbaik untuk mengasihi Allah adalah dengan menaati perintah-perintah-Nya. Yesus berkata, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku” (Yohanes 14: 15). Saya sangat tertarik untuk membaca Sepuluh Perintah. Saya belum pernah mendengar perintah keempat, yang mengatakan, “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat” (Keluaran 20: 8)

Ketika saya menyadari bahwa Tuhan tidak pernah mengubah hari suci-Nya menjadi hari Minggu, saya bertanya kepada pasangan itu di mana saya bisa beribadah pada hari Sabat hari ketujuh. “Saya ingin memelihara hari Sabat, tetapi di mana saya bisa pergi ke gereja pada hari itu?” Saya bertanya. “Kami memiliki sebuah gereja di Dili,” kata Luis. “Kamu bisa pergi ke sana setiap hari Sabat,” kata Yuliana. Ermelinda dan saya pergi ke gereja bersama. Setelah menghadiri gereja selama dua minggu, kami memutuskan untuk dibaptis dan bergabung dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Kakak laki-laki kami sangat marah ketika mereka mengetahui bahwa saya telah meninggalkan gereja keluarga kami. Mereka mengancam saya dan memukuli saya. “Kamu tidak akan belajar di sini lagi,” kata seorang saudara. “Kami akan membawamu pulang ke desa,” kata yang lain. Kakak laki-laki saya memaksa saya untuk meninggalkan studi saya dan kembali bersama mereka ke desa. Mereka menyuruh saya makan babi dan pergi ke gereja bersama mereka pada hari Minggu. Saya merasa sangat sedih. Saya harus mengunci diri di kamar mandi untuk membaca Alkitab dan berdoa. Tetapi ancaman dan pemukulan menguatkan iman saya. Saya memutuskan untuk mengasihi Allah dengan segenap hati saya dan menaati perintah-perintah-Nya.

Ancaman dan pemukulan berlangsung selama sebulan. untungnya, adik perempuan saya, bisa tinggal di ibu kota. Dia menelepon untuk memberi tahu saya bahwa gereja Advent mengorganisasikan program pelatihan dua bulan untuk pekerja Alkitab. Saya ingin menjadi pekerja Alkitab lebih dari apapun. Saya ingin menjadi seperti Yuliana dan Luis, yang telah mengajari saya tentang Alkitab. Saya ingin mengajar orang lain tentang Tuhan. Suatu hari, saya kabur dari rumah tanpa memberi tahu siapa pun. Setelah dua bulan pelatihan, saya menjadi pekerja Alkitab. Saya menyukai pekerjaan saya, dan saya terjun ke dalamnya. Saya berdoa setiap hari untuk keluarga saya dan terutama saudara-saudara saya. Dua tahun berlalu, dan saya menikah dengan suami saya, Reinaldo, yang adalah seorang Advent. Tak seorang pun dari keluarga saya menghadiri pernikahan. Syukur kepada Tuhan, keluarga saya sudah mulai berbicara dengan saya lagi. Saya juga bersyukur kepada Tuhan untuk tiga anak yang sekarang belajar di satu-satunya sekolah Advent di Timor Leste. Mohon doanya untuk saudarasaudara saya dan seluruh keluarga saya. Mohon doanya agar sekolah dapat mengajar banyak anak tentang Yesus dan Firman-Nya.  Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda enam tahun lalu membantu membuka sekolah Masehi Advent Hari Ketujuh di Timor Leste. Bagian dari persembahan triwulan ini akan membantu membangun asrama di sekolah sehingga anak-anak dari desa yang jauh seperti Elizita dapat belajar di sekolah. Terima kasih telah merencanakan persembahan yang murah hati. 

Oleh Elizita Da Silva

Komentar