Berita Mission Sabat 3 | 15 Januari | Timor Leste Adolfo Monteiro, 40 tahun

 Menempuh Jalan Baru

Saya mencintai gereja saya di Desa Kodo di Timor Leste. Saya menghadiri kebaktian setiap hari Minggu. Saya pergi ke setiap pertemuan doa. Saya berpartisipasi dalam setiap kegiatan gereja. Kemudian Mario datang ke desa saya. Mengunjungi rumah saya, Mario memberi tahu saya bahwa dia tinggal di desa yang jauh tetapi telah dikirim ke desa saya sebagai pekerja Alkitab dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Saya belum pernah mendengar tentang Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Mario bercerita tentang bagaimana dia menemukan kebenaran alkitabiah mengenai Sabat hari ketujuh dan memutuskan untuk bergabung dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Dia membuka Alkitabnya dan berbicara tentang Hari Tuhan yang sebenarnya. 

Dia mengatakan Hari Tuhan sebenarnya adalah pada hari Sabtu, bukan hari Minggu. Saya melihat bukti dalam Alkitab bahwa hari Sabtu adalah hari ketujuh dan hari Minggu adalah hari pertama. Saya mulai berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan. Saya bertanya kepada Tuhan apakah saya harus melanjutkan jalan lama saya yaitu menguduskan hari pertama, atau haruskah saya menempuh jalan baru dan menguduskan hari ketujuh. “Tuhan,” saya berdoa, “apakah jalan lama yang baik atau jalan baru yang baik?” Saya berdoa selama tiga hari berturut-turut. Kemudian saya bermimpi ketika saya tidur di malam hari. Di depan saya ada dua jalan: jalan lama dan jalan baru. Seseorang berdiri di depan saya dan berkata, “Lebih baik jika Anda mengikuti jalan baru dan meninggalkan jalan lama.” Di pagi hari, saya bangun dan memikirkan mimpi itu. Itu tampak begitu nyata. Hari itu, Mario datang ke rumah saya lagi dan mengundang saya untuk bekerja dengannya di kebun teman saya Angelo. Saat kami bekerja, Mario membagikan Firman Tuhan kepada Angelo. Mario selalu berbicara tentang Alkitab saat dia membantu penduduk desa di kebun mereka, dan kami senang mendengarkannya. 

Tetapi kata-katanya menyentuh hati saya dengan cara yang istimewa pada hari yang khusus ini. Saya meminta dia untuk belajar Alkitab. Setelah saya dibaptis beberapa bulan kemudian, saya mengajar istri saya tentang Alkitab. Dia dibaptis, bersama dengan dua keluarga lain di desa saya. Hidup tidak mudah sejak kami bergabung dengan gereja Advent. Beberapa tahun setelah pembaptisan istri saya, saudara laki-lakinya, seorang pemimpin di gereja kami sebelumnya, menuntut agar kami melepaskan iman kami. Dia bahkan memukuli istri saya di hadapan saya. “Hanya suamimu yang bisa masuk agama itu,” katanya. “Kamu tidak bisa mengikutinya.” Istri saya menyatakan bahwa dia bermaksud untuk mengikuti jalan baru. “Saya sudah menikah dan punya keluarga,” katanya. “Suami saya adalah kepala keluarga. Jika dia berada di jalan yang harus saya tempuh, saya akan pergi bersamanya bahkan sampai ke ujung dunia.” Saat kami menghadapi tekanan berat dari kerabat kami, Tuhan sangat baik kepada kami. 

Saya dan istri saya telah berdoa untuk kerabat kami, ibu saya dan dua saudara saya telah bergabung dengan gereja Advent. Saya tidak punya banyak uang untuk mendukung Injil melalui pekerjaan saya sebagai penjaga keamanan, tetapi saya memiliki semangat untuk membagikan kebenaran kepada orang lain. Membawa jiwa-jiwa kepada Yesus adalah tugas dan tanggung jawab saya karena saya tahu bahwa setiap jiwa sangat berharga di mata Tuhan. Saya memberi tahu setiap orang yang saya temui bahwa Yesus benar-benar mengasihi mereka dan ingin menyelamatkan mereka.

Mohon doakan umat Advent di Desa Kodo. Berdoalah agar mereka dapat membagikan Injil dengan desa-desa tetangga. Berdoalah untuk satu-satunya sekolah gereja di Ibu Kota Timor Leste, Dili, di mana anak-anak desa dapat belajar sambil tinggal di asrama yang dibangun dengan bantuan Persembahan Sabat Ketiga Belas triwulan ini. 

Oleh Adolfo Monteiro

Tips Cerita
>Mintalah seorang pria untuk membagikan akun orang ini. 
>Baca kisah Mario tentang pertemuan Adolfo minggu lalu dan tentang pria lain yang dicapai melalui pelayanannya minggu depan. 
>Unduh foto di Facebook: bit.ly/ fb-mq. 
>Unduh Pos Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Selatan: bit. ly/ssd-2022. 
>Kisah misi ini mengilustrasikan komponen-komponen berikut dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: Tujuan Misi No. 2, “Untuk memperkuat dan mendiversifikasi penjangkauan Advent … di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau”; dan Tujuan Pertumbuhan Spiritual No. 5, “Memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi roh.” Pembangunan asrama di Timor Leste Adventist International School akan membantu memenuhi Tujuan Misi No. 4, “Memperkuat lembaga-lembaga Advent dalam menegakkan kebebasan, kesehatan holistik dan harapan melalui Yesus serta memulihkan citra Allah dalam diri manusia. ” Pelajari lebih lanjut tentang rencana strategis di IWillGo2020.org.

Fakta Singkat 
>Sekitar 60 persen penduduk Timor Leste tinggal di daerah pedesaan dan sebagian besar bekerja sebagai petani, menanam singkong, kelapa, kopi, jagung, padi, dan ubi jalar. 
>Sebagian besar penduduknya berasal dari Papua, Melayu, dan Polinesia dan hampir semua penduduknya beragama Katolik Roma, dengan minoritas Protestan dan Muslim. Ada sekitar 40 bahasa atau dialek Papua dan Melayu yang berbeda yang digunakan di negara ini, tetapi dua bahasa resminya adalah Tetum, yang dituturkan oleh kebanyakan orang, dan Portugis, yang hanya dituturkan oleh sebagian kecil. Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia adalah bahasa “kerja” atau bahasa yang diberikan status unik di masyarakat.

Komentar