Berita Mission Sabat 2 | 8 Januari | Timor Leste Mario da Costa, 44 tahun

Merawat Ladang Tuhan

Kebun yang ditumbuhi tanaman adalah tempat yang baik untuk mengajarkan Firman Tuhan. Di kebun itulah benih kebenaran dapat berakar. Banyak orang di Timor Leste memiliki kebun sayur di dekat rumah mereka. Hasil panen dibutuhkan untuk makanan, dan hasil ekstra dijual untuk mendapatkan uang. Tanaman penting di kebun keluarga termasuk jagung, singkong, dan ubi jalar. Banyak kebun juga yang di tanam sayuran hijau, labu, pepaya, pisang, dan kacang tanah. Saya sedang bekerja di kebun saya sendiri ketika seorang pemimpin Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh mampir ke rumah saya. “Kami menyelenggarakan program tiga bulan untuk melatih pekerja Alkitab,” katanya. “Kamu harus bergabung dengan kami.” Saya menyukai ide itu. 

Saya sangat ingin membagikan kasih saya kepada Yesus setelah baru-baru ini dibaptis. Setelah menyelesaikan program pelatihan, semua siswa bertemu di sebuah gereja Advent di Ibu Kota Timor Leste, Dili, untuk mengetahui siapa yang akan melayani di suatu tempat. Saya tidak dipilih. Kami memiliki lebih banyak pekerja Alkitab daripada pemimimpin. Saya kembali ke kampung halaman saya untuk merawat kebun saya. Saya juga menjadi anggota aktif di gereja. Beberapa tahun berlalu, dan seorang pemimpin gereja lain menelepon saya dari Dili. “Saya punya ide,” katanya. “Mengapa Anda tidak melayani sebagai pekerja Alkitab di provinsi Anda sendiri?” Saya menyukai ide itu. Beberapa saat kemudian, saya tiba di Desa Kodo, dan saya memperkenalkan

diri kepada Adolfo, salah satu penduduk desa. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tinggal agak jauh dan telah dikirim ke desanya sebagai pekerja Alkitab di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Dia belum pernah mendengar tentang Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, dan dia ingin tahu lebih banyak. Saya memberi tahu Adolfo tentang bagaimana saya telah mempelajari kebenaran alkitabiah tentang Sabat hari ketujuh dan memutuskan untuk bergabung dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Saya membuka Alkitab saya dan berbicara tentang Hari Tuhan yang sebenarnya jatuh pada hari Sabtu, bukan hari Minggu. Saya dapat melihat bahwa percakapan kami sangat menyentuh hati Adolfo, dan saya berdoa agar Roh Kudus menginsafkan hatinya. 

Tiga hari kemudian, saya kembali ke rumah Adolfo dan mengundangnya untuk bergabung dengan saya bekerja di kebun tetangga, Angelo. Saya telah menemukan bahwa penduduk desa menyambut bantuan saya di kebun mereka dan, sementara kami bekerja, saya dapat mengajar mereka dari Alkitab. Saat Adolfo dan saya membantu Angelo di kebunnya, saya membagikan Firman Tuhan. Saya bisa melihat bahwa Adolfo dan Angelo sedang menikmati percakapan itu. Ketika kami menyelesaikan pekerjaan kami di sore hari, Adolfo mendatangi saya. “Bisakah Anda memberi saya pelajaran Alkitab?” Dia bertanya. Dia dan saya mulai bertemu di malam hari untuk pelajaran Alkitab. 

 Karena tidak ada listrik di desa, saya harus menyediakan minyak tanah untuk lampu. Pada siang hari, saya mengajarkan Alkitab kepada penduduk desa lain saat saya membantu mereka di kebun mereka. Adolfo menjadi penduduk desa pertama yang bergabung dengan gereja Advent. Kemudian Angelo meminta pelajaran Alkitab. Dia telah memimpin jemaat gereja lokal selama 12 tahun, dan banyak penduduk desa menjadi marah ketika mereka melihat dia belajar Alkitab dengan saya. Saya mendengar bahwa mereka berencana untuk memukuli saya. Angelo mengkhawatirkan keselamatannya dan saya. Dia menyarankan untuk menghentikan pelajaran Alkitab. Saat itu, saya dan Angelo sedang mengumpulkan dan mengupas serta makan kelapa kering di kebunnya. Saya perhatikan bahwa salah satu kelapa kering mulai bertunas. 

Itu tidak biasa bagi kelapa mati untuk bertunas. “Mari kita menanam kelapa ini dan membuat kesepakatan dengan Tuhan,” kataku kepada Angelo. “Jika pekerjaan Tuhan akan hidup di tanah ini, maka kelapa ini juga akan hidup. Tetapi jika pekerjaan Tuhan akan cepat berakhir atau mati di tanah ini, maka kelapa ini juga akan mati.” Sepuluh tahun berlalu, dan kelapa yang mati tumbuh menjadi pohon kelapa yang subur. Angelo memperhatikan hal itu. Pada kunjungan baru-baru ini ke desa, saya melihat Angelo, dan dia menyatakan bahwa dia ingin dibaptis. Saya berharap banyak jiwa akan dibawa kepada Tuhan di Ladang yang Tuhan berikan untuk saya rawat di Timor Leste. 

Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda enam tahun lalu membantu membuka sekolah Advent pertama dan satu-satunya di Ibu Kota Timor Leste, Dili. Bagian dari persembahan triwulan ini akan membantu membangun asrama di sekolah sehingga anak-anak dari desa pegunungan yang jauh seperti Kodo dapat belajar di sekolah. Terima kasih telah merencanakan persembahan dengan murah hati. 

Oleh Mario da Costa

Tips Cerita 

>Minta seorang pria untuk membagikan akun orang ini.

> Baca lebih lanjut tentang Mario Sabat lalu dan Sabat depan.

>Unduh foto di Facebook: bit.ly/ fb-mq.

>Unduh Pos Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Selatan: bit.ly/ssd-2022.

>Kisah misi ini mengilustrasikan komponen-komponen berikut dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: Tujuan Misi No. 2, “Untuk memperkuat dan mendiversifikasi penjangkauan Advent … di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau”; dan Tujuan Pertumbuhan Spiritual No. 5, “Memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi roh.” Pembangunan asrama di Timor Leste Adventist International School akan membantu memenuhi Tujuan Misi No. 4, “Memperkuat lembaga-lembaga Advent dalam menegakkan kebebasan, kesehatan holistik dan harapan melalui Yesus serta memulihkan citra Allah dalam diri manusia. ” Pelajari lebih lanjut tentang rencana strategis di IWillGo2020.org.

Komentar