Berita Mission Sabat 1 | 1 Januari | Timor Leste Mario da Costa, 44 tahun

Menemukan Jalan yang Benar

Banyak acara diadakan di sekitar kota untuk merayakan hari besar keagamaan di Timor Leste dan saya memutuskan untuk pergi ke pacuan kuda. Untuk mencapai lintasan pacuan kuda, saya harus berjalan melewati Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Ketika saya lewat, seorang pengajar Alkitab, Mariano, melihat saya dan mengejar saya. ”Jika Anda punya waktu, maukah Anda belajar Alkitab bersama?” Dia bertanya. 

Saya telah belajar dengan orang Advent di rumah mereka beberapa kali, tetapi saya telah berhenti bertemu dengan mereka karena mereka tampaknya mengajarkan hal yang sama seperti gereja saya sendiri. Namun, ketika pengajar Alkitab mengejar saya, saya merasakan keinginan yang dalam untuk mengetahui lebih banyak tentang Alkitab. Saya berkata, “saya ingin belajar Alkitab,” “Anda tidak perlu datang ke ruma saya,” kata Mariano. “Saya akan pergi ke rumahmu. Setelah pacuan kuda berakhir, kita bisa pergi ke sana.” Kami pergi ke rumah saya tepat setelah balapan dan mulai belajar Alkitab. 

Kami belajar bersama selama empat bulan, dan saya setuju untuk pergi ke gereja Advent bersama pengajar Alkitab setiap hari Sabat. Saya masih pergi ke gereja saya pada hari Minggu. Saya tidak melihat ada yang salah dengan beribadah pada hari Sabtu dan Minggu. Setelah beberapa waktu, seorang penginjil Advent tiba, saya belajar Daniel dan Wahyu dengan dia. Dalam Daniel 7: 25, kami membaca, “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum.” 

Di rumah, saya membuka Alkitab dan membaca ayat itu berulang ulang. “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Saya berkata pada diri sendiri, “Ternyata apa yang saya yakini selama bertahun-tahun itu tidak benar.” Saya menutup Alkitab saya dan mencoba untuk tidur. Saya bertanya-tanya apakah orang Advent mencoba menipu saya. Mungkin mereka sengaja menunjukkan ayat itu untuk meyakinkan saya agar bergabung dengan gereja mereka. 

Bangun, saya menyalakan lampu dan membaca, “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Saat saya membaca, saya merasa terkesan bahwa gereja saya telah mengubah waktu Sabat dan hukum yang menyatakan hari ketujuh adalah Sabat. Belakangan, saya menyadari bahwa Roh Kudus menginsafkan hati saya. 

Segera, saya memutuskan untuk berpuasa, dan saya berdoa, “Apakah hari Sabtu atau Minggu adalah hari Sabat yang benar? Apakah gereja saya atau gereja Advent adalah gereja yang benar?” Setelah berpuasa dan berdoa selama seminggu, sebuah pemikiran muncul di benak saya, “Sebaiknya kamu mengikuti apa yang tertulis di dalam Alkitab.” Saya bertekad untuk mengikuti kehendak Tuhan seperti yang diungkapkan dalam Kitab Suci. Meskipun saya menghadiri gereja setiap hari Sabat, pendeta tidak pernah mengundang saya untuk dibaptis. Setelah kebaktian, saya dan dia biasanya makan bersama dan membahas Alkitab. Suatu hari Sabat, antara acara Sekolah Sabat dan acara khotbah, saya bertanya kepada pendeta, “Kapan akan ada baptisan bagi orang-orang baru yang ingin dibaptis?” “Tergantung orang yang mau dibaptis,” katanya. “Kita dapat mengatur pembaptisan untuknya kapan pun mereka siap.” 

Pada saat itu saya mengambil keputusan. Saya berkata, “Kalau ada baptisan, saya mau dibaptis.” Segera, pendeta memeluk saya. Orang dewasa dan anak-anak melihat kegembiraan kami dan datang untuk menjabat tangan saya dan memeluk saya. “Kamu telah dipanggil oleh Tuhan,” kata mereka kepada saya. Mendengar kata-kata itu, saya menangis. Saya telah menemukan jalan Tuhan yang benar.  Saat ini, Mario adalah seorang pengajar Alkitab dan telah memimpin banyak orang ke jalan Tuhan yang benar melalui pelajaran Alkitab dan kuasa Roh Kudus. Kita akan membaca tentang beberapa dari orang-orang itu selama beberapa Sabat ke depan. Persembahan Sabat Ketiga Belas Anda enam tahun lalu membantu membuka sekolah Advent pertama dan satu-satunya di Timor Leste. Persembahan triwulan ini akan membantu membangun asrama di sekolah sehingga anak-anak dari desadesa yang jauh, seperti di mana Mario melayani sebagai pekerja Alkitab, dapat belajar di sekolah tersebut. Terima kasih telah merencanakan persembahan yang murah hati. 

Tips Cerita 

>Minta seorang pria untuk membagikan akun orang ini. 

>Unduh foto di Facebook: bit. ly/fb-mq. 

>Unduh Pos Misi dan Fakta Singkat dari Divisi Asia-Pasifik Utara: bit.ly/ssd-2022. 

>Kisah misi ini mengilustrasikan komponen-komponen berikut dari rencana strategis Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh “I Will Go”: Tujuan Misi No. 2, “Untuk memperkuat dan mendiversifikasi penjangkauan Advent … di antara kelompok masyarakat yang belum terjangkau”; dan Tujuan Pertumbuhan Spiritual No. 5, “Memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi roh.” Pembangunan asrama di Timor Leste Adventist International School akan membantu memenuhi Tujuan Misi No. 4, “Memperkuat lembaga-lembaga Advent dalam menegakkan kebebasan, kesehatan holistik dan harapan melalui Yesus serta memulihkan citra Allah dalam diri manusia.” Pelajari lebih lanjut tentang rencana strategis di IWillGo2020.org.

Pos Misi 

>Misi Timor Leste diselenggarakan pada tahun 2009 dan terhubung langsung dengan Divisi Asia-Pasifik Selatan. Ada 696 anggota yang beribadah di satu gereja dan dua perkumpulan. Dalam populasi 1.318.000, itu adalah 1.874 orang untuk setiap orang Advent.  


Oleh Mario da Costa.

Komentar