Berita Mission Sabat 10 | 4 Desember | Korea Selatan Jang So-hee, 19 Tahun - Misionaris SOS


Misionaris SOS

Sebagai seorang remaja, saya bermimpi menjadi misionaris. Tetapi bagaimana caranya? Ayah saya meninggal ketika saya masih muda, dan ibu saya adalah satu-satunya orang Kristen yang saya kenal. Kerabat kami yang lain adalah dukun dan pemuja nenek moyang kami di tanah air saya di Korea Selatan. Suatu hari ibu mengatakan bahwa dia mendapat kabar yang baik. “Ibu kenal seorang profesor yang dapat mengirim misionaris ke negara lain, dan dia ingin berbicara dengan kamu tentang impianmu,” kata ibu. Saya sangat senang, dan saya pun membuat janji pertemuan dengan profesor itu. Saat sedang ke tempat di mana kami berjanji untuk bertemu, saya melewati sekelompok remaja yang memakai kaos oblong dengan tulisan “SOS” di atasnya. Mereka mengundang saya ke pertemuan penginjilan untuk siswa-siswa di gereja Masehi Advent Hari Ketujuh terdekat. Saya suka gereja dan saya dengan senang hati menemani mereka pergi ke gereja mereka yang indah yang terbuat dari kayu. Ketika pendeta mengetahui bahwa saya adalah seorang Kristen, dia bertanya apa yang saya ketahui tentang hari Sabat. Saya bilang bahwa saya beribadah pada hari Minggu. Akhirnya pendeta menjelaskan Sabat hari ketujuh kepada saya. Saat dia berbicara, hati saya mulai bersemangat. Saat itu, ponselku berdering. Profesor ingin menemui saya, dan dia sedang menunggu saya. Itu sangatlah aneh. Saya sangat ingin berbicara dengan profesor, tetapi kata-kata penjelasan dari pendeta ini lebih menyentuh hati saya. Saya pun menunda janji saya dengan profesor ke hari berikutnya. Malam itu, saya belajar tentang Sabat, Kedatangan Yesus Kedua Kali, Penghakiman, Keselamatan dari Tuhan, dan Pertentangan Besar. Hati saya meluap dengan sukacita. Keesokan harinya, saya kembali ke gereja kayu yang cantik itu untuk belajar lebih banyak tentang Alkitab. Sementara saya ada di sana, profesor menelepon dan saya berkata bahwa saya sedang sibuk belajar Alkitab di gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Dia dengan marah mengatakan bahwa orang Kristen sejati tidak mengikuti doktrin yang sama seperti orang Advent dan menjelaskan doktrinnya kepada saya. Pendeta, yang duduk di dekat saya, tidak bisa untuk tidak mendengar percakapan itu. Dia mengatakan doktrin profesor terdengar seperti yang diajarkan oleh kelompok cabang Kristen yang berpendapat bahwa pemimpinnya adalah Roh Kudus itu sendiri. Kami melakukan pengecekan, dan ternyata profesor itu termasuk dalam kelompok cabang itu. Ibuku juga termasuk dalam kelompok itu. Saya sedih dan kesal karena ibu saya mencoba menipu saya untuk bergabung dengan kelompok itu. Saya memintanya untuk belajar Alkitab dengan pendeta Advent, tetapi dia dengan marah menolak. Saya tidak yakin apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Pendeta menyarankan agar saya mendaftar di Universitas Advent Sahmyook. “Kamu bisa belajar Alkitab lebih banyak dan menuntun ibumu kepada kebenaran,” katanya. Kemarahan ibu mereda saat saya masuk ke universitas. Saya memberi tahu kepadanya apa yang saya pelajari dan dengan sengaja meninggalkan berbagai bahan pelajaran Alkitab di sekitar rumah. Sedikit demi sedikit, dia menonton pesan Advent di YouTube dan membaca majalah Advent. Dengan rahmat Tuhan, saya lulus dari universitas pada tahun 2020. Kemudian kumpulan kelompok cabang gereja itu berubah menjadi sumber penyebaran virus korona, dan menghasilkan salah satu wabah terburuk di Korea Selatan. Ribuan orang, termasuk ibu, terinfeksi. Syukurlah, dia pulih dengan cepat, tetapi gereja kelompok itu ditutup dan pertemuannya dilarang. Saya percaya bahwa Tuhan sedang menuntun ibu untuk lebih mengenal-Nya. Saya suka kata-kata Yesus, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (Lukas 19: 10). Ini tentang saya. Melihat ke belakang, saya dapat melihat bahwa, melalui pemeliharaan-Nya, saya bertemu misionaris SOS itu dan menyadari kebenaran tentang Ibu. SOS adalah singkatan dari “Salvation, Only Jesus, Service,” (Pelayanan, Keselamatan Hanya melalui Yesus) dan saya berencana untuk menjadi misionaris SOS bagi ibu saya dan dunia. Rencana ini adalah jawaban dari mimpi saya. So-hee adalah di antara banyak umat Masehi Advent Hari Ketujuh dari Korea Selatan yang memiliki hati untuk misi. Triwulan ini, anggota gereja dari seluruh dunia memiliki kesempatan untuk memiliki hati untuk misi di Korea Selatan. Bagian dari Persembahan Sabat Ketiga Belas akan membantu mendirikan pusat-pusat misi di dua kota. 

Oleh Jang So-hee

Tips cerita 

> Mintalah seorang wanita untuk membawakan cerita ini 

> Ketahuilah bahwa SOS (Salvation, Only Jesus, Service) adalah gerakan misionaris pemuda yang berbasis di Korea Selatan yang bertujuan membantu kaum muda mencapai generasi mereka sendiri. Gerakan ini dimulai pada tahun 2015 di kalangan pemuda di Konferens Korea Tenggara. Seminggu selama waktu liburan, remaja SOS mendekati sesama remaja di jalan, mengundang mereka ke gereja, memberi mereka pelajaran Alkitab, dan akhirnya mengundang mereka untuk memberikan hati mereka kepada Yesus melalui baptisan. 

> Unduh foto di Facebook: bit.ly/ fb-mq. 

> Unduh Kiriman Misi dan Fakta Singkat dari Difisi Asia-Pasifik Utara: bit.ly/nsd-2021. 

> Ketahuilah bahwa kisah misi ini mengilustrasikan komponen-komponen berikut dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Rencana strategis “I Will Go”: Tujuan Misi No. 1, “untuk menghidupkan kembali konsep misi dan pengorbanan sedunia untuk misi sebagai cara hidup yang melibatkan tidak hanya pendeta tetapi setiap anggota gereja, tua dan muda, dalam sukacita bersaksi untuk Kristus dan menjadikan murid ”; Tujuan Pertumbuhan Spiritual No.5, “Memuridkan individu dan keluarga ke dalam kehidupan yang dipenuhi roh”; dan Tujuan Pertumbuhan Rohani No. 7, “untuk membantu kaum muda dan dewasa muda menempatkan Tuhan sebagai yang utama dan menjadi teladan dalam pandangan dunia yang alkitabiah.” Pelajari lebih lanjut tentang rencana strategis di IWillGo2020.org. 

Fakta singkat 

> Korea Selatan pernah menjadi rumah bagi banyak harimau Siberia, tetapi seiring pertumbuhan populasinya, mereka diburu hingga hampir punah dan sekarang hanya ditemukan di Korea Utara. 

Komentar