BERITA MISSION Sabat 11 / 12 September 2020 - “BUTA HURUF TAPI MAMPU MEMBACA”


BERITA MISSION
“BUTA HURUF TAPI MAMPU MEMBACA”
Sabat 11 / 12 September  2020 - Guinea
Oleh: Maria, 29 Tahun


Maria bukan seorang Kristen, tetapi dia terus beermimpi tentang Yesus. Dia mengorankan seekor sapi dnegan harpan mimpi-mimpi itu akan berakhir, tetapi dia masih terganggu setiap malam selama seminggu. Kemudian orang asing mengarahkannya ke kantor Jacob Gbale,  Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Guinea. Dia bekeerja di ujung jalan dari rumah mewahnya di Conakry, ibu Kota Guinea. Ketika Maria menggambarkan mimpinya, Pendeta Jacob meulai tersenyum. “Kemuliaan bagi Tuhan!”  serunya. Maria terkejut. Dia tidak bisa mengerti mengapa dia sangat bahagia. “Anda tidak perlu lagi mengorbankan sapi,” kata Pendeta Jacob, sambil mengangkat Alkitab dari mejanya. “Tuhan memanggilmu.” “Saya pikir Tuhanmu telah melakukan kesalahan,” kata Maria. 
“Saya selalu menjadi bagian dari agama keluarga saya.” Pendeta Jacob mengulurkan Alkitab. “Ini Alkitabmu,” katanya. “Apa yang akan saya lakukan dengan Alkitab itu?” kata Maria. “Aku bahkan tidak tahu cara membaca. Pendeta Jacob bertanya apakah ada orang di keluarganya yang bisa baca tulis, dan dia mengakui bahwa dia punya sepupu yang bisa membaca. Pendeta Jacob menulis nama Maria di Alkitab. “Ambil Alkitabmu dan pergi,” katanya. Maria kesal dengan Pendeta Jacob, dan dia pergi tanpa mengucapkan selamat tinggal. “Menurut orang-orang ini , siapa mereka?” Pikirnya ketika dia berjalan pulang. “Mereka mengatakan kepada saya untuk membaca Alkitab seolah-oleh saya tidak mengenal Tuhan. 

Di rumah, Maria meletakkan Alkitab di laci dan menutupnya. Dia ingin santai. Menyalakan teleevisi ke saluran favoritnya, dia melihat sebuah program tentang sebuah program tentang Yesus. Klik! Program lain tentang Yesus. Maria memanggil penyedia televise satelitnya. Apakah yang salah dengan saluranmu?” Dia menuntut. “Setiap saluran adalah Yesus, Yesus, Yesus.” Suara laki-laki terdengar bingung. “Semuanya beres,” katanya. “Tidak, bukan itu!” Maria berteriak. “Kemarilah dan  perbaiki TV saya.Tidak lama kemudian seorang pria datang dan membalik-balik saluran. Semuanya berjalan normal. Maria terdiam. Maria pergi tidur, tetapi dia tidak berhenti memikirkan tentang Yesus. 

Lalu ia ingat Alkitab, satu-satunya cara untuk  berhenti   memikirkan Yesus adalah  dengan membacanya,   ia memutuskan. Di pagi  hari, dia meminta sepupunya   untuk  datang. "Apa ini?" Katanya,  mengulurkan Alkitab.  "Katakan  padaku" Sepupunya,   Hamadou,  telah  belajar  di sebuah  sekolah Kristen  di Sierra Leone, dan ia mengenali   Alkitab. "Siapa yang  memberimu Alkitab   itu?" katanya. "Saya menerimanya   dari seorang  pendeta,"  kata Maria. "Apa yang  ingin  kamu lakukan  dengan  itu?" katanya. "Kamu  tidak  tahu  cara membaca" "Lihat,  kamu  pergi  ke sekolah," katanya. "Saya ingin kamu  membantu   saya membaca Alkitab   ini. Ajari aku cara membaca." Hamadou   membuka   Alkitab. "Bapa kami di surga, dikuduskanlah   narna-Mu," dia membaca.  "datanglah   Kerajaan-Mu,  jadilah   kehendakMu di bumi  seperti  di sorqa," Dia membaca  sampai  dia mencapai  akhir  Doa Bapa Kami. "Apakah  kamu  bahagia ?" tanyanya.

Maria  memintanya   untuk menggarisbawahi    ayat-ayat itu. Hamadou  tertawa.   Dia tertawa  sangat  keras sehingga dia menangis. "Kamu  tidak  pernah  pergi ke sekolah!"  Dia tergagap. "Bagaimanakah   kamu  bisa membaca?" Namun  dia menggaris-bawahi  bagian  itu. Lalu dia membuat   Maria  mengulanginya   beberapa  kali sehingga  dia akan mengingatnya. Malam  itu, Maria  mengambil  Alkitab  dan menemukan Doa Bapa Kami. Meski- pun  dia tidak  pernah  belajar membaca,  dia menemukan bahwa  dia dapat  membacanya. Dia membalik   halaman dan, yang  mengejut-kannya, menyadari   bahwa  dia bisa   membaca  ayat-ayat  lain juga.   ; Hari berikutnya,   Maria   tidak  sabar untuk  berbicara   dengan  Hamadou. 

"Kamu  menertawakanku  kemarin, jadi izinkan aku menunjukkan kepadamu bahwa aku bisa membaca,” katanya. “Tidak mungkin,” katanya. “Bahkan dalam mimpimu pun kau tidak bisa membaca.”    Maria membuka Alkitab ke halaman acak dan membaca. Hamadou tampak terkejut dan kemudian takut. “Bagai-mana kamu melakukan itu?” tanyanya. “Sepupuku, itu adalah kecerdasan manusia.” Jika anda benar-benar percaya bahwa anda dapat melakukan sesuatu, anda bisa melakukannya.” Sejak saat itu, Maria menbaca Alkitab setiap hari. Dia kemudian menyadari bahwa yesuslah yang memberinya kemampuan untuk membaca Alkitab dan dia memberikan hatinya kepada-Nya.

Komentar