Berita Mission 16 Mei 2020 - Ateis Membagikan Kristus

Ateis Membagikan Kristus

Esko berusia 63 tahun dan sakit ketika ia muncul di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Piikkio di Finlandia Barat daya.

"Aku tidak butuh makanan," katanya kepada Direktur Pantri Makanan Riitta-Liisa Peltonen ketika dia memilih sayuran, daging, dan roti. "Ini untuk teman-teman saya."

Riitta-Liisa menatap pria gemuk itu dengan lembut. Bau keringat dan pakaian yang tidak dicuci melekat padanya. Dia menderita masalah liver yang parah setelah bertahun-tahun minum minuman keras. Matanya baik.

"Apakah kamu seorang Kristen?" tanya Riitta-Liisa.
Esko mengalihkan pandangannya. "Mmm," katanya. "Mmm, aku punya agamaku sendiri."

Riitta-Liisa mengerti bahwa dia adalah seorang ateis seperti banyak orang di Finlandia, negara yang sangat sekuler dengan populasi 5,5 juta dan hanya 4.800 orang Advent.

Esko kembali minggu demi minggu ke gereja di Piikkio, populasi 7.500, untuk mengumpulkan bahan makanan bagi teman-temannya, sepasang suami istri bernama Pasi dan Krista. Riitta-Liisa mengetahui bahwa Pasi memiliki perusahaan atap di kota pelabuhan terdekat Turku, tetapi bisnisnya telah bangkrut pada masa-masa sulit selama resesi ekonomi. Untuk mengatasinya, Pasi dan Krista banyak minum minuman keras.

Pasangan itu menyatakan keterkejutan mereka saat pertama kali Esko datang membawa barang belanjaan.

"Di manakah kamu mendapatkan makanan ini?"tanya Krista.
Tips Cerita
> Tonton Riitta-Liisa di YouTube: bit.ly/Riitta-Liisa.
> Unduh foto di Facebook(bit.ly/ fb-mq) atau bank data ADAMS (bit.ly/atheist-shares-Christ).
> Unduh foto-foto proyek Sabat Ketiga Belas: bit.ly/ted-13th-projects

Fakta Singkat
>Dari abad ke-12 hingga ke-19, Finlandia adalah bagian dari Swedia sebelum menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia. Negara itu memperoleh kemerdekaan selama Revolusi Rusia pada tahun 1917.
>Finlandia memiliki sekitar 188.000 danau yang mengarah ke julukan "tanah seribu danau."
>Julukan lain untuk Finlandia adalah "Tanah Matahari Tengah Malam." Selama musim panas matahari tidak jatuh di bawah cakrawala di utara tetapi bersinar sepanjang hari dan malam.
>Finlandia memiliki beberapa satwa liar yang unik, termasuk serigala abu-abu, wolverine, rusa, hewan nasionalnya beruang cokelat, dan burung nasional angsa whooper.
"Datang dan lihat," katanya. Pasangan itu tidak melihatnya.

Kemudian satu-satunya pendamping Esko, seekor anjing kesayangan, meninggal. Lelaki tua itu begitu putus asa sehingga dia tidak tahan untuk tinggal sendirian di rumah. Dia pergi ke rumah Pasi dan Krista untuk bermalam. Yang mengejutkan Krista, dia berdoa sebelum makan malam. "Bagaimanakah bisa seorang ateis berdoa?" tanyanya.

Dia belum pernah melihat itu sebelumnya.

Karena penasaran dengan tindakan Esko, dia memutuskan untuk memeriksa sendiri gereja itu. Dia mengundang suaminya untuk menemaninya. Tetapi untuk memperkuat keberanian mereka, dia dan Pasi banyak minum minuman keras. Mereka nyaris tidak bisa berdiri ketika mereka mengantre untuk mendapatkan makanan di gereja.

Pasangan itu kembali minggu depan, lalu minggu berikutnya. Setelah beberapa saat, Krista mulai tertarik pada lagu-lagu Kristen dan pesan spiritual yang dibagikan oleh anggota gereja ketika orang mengumpulkan makanan. Dia mulai menghadiri kebaktian Sabat.

Esko memperhatikan minatnya dan tersenyum.

' Sekarang misiku selesai," katanya dengan pelan.

Tidak lama kemudian, pada
akhir tahun 2017, dia meninggal.

Sementara itu, Krista berhenti minum minuman keras dan dibaptis. Pasi melihat perubahan pada dirinya dan juga memberikan hatinya kepada Yesus.

"Saya telah menemukan iman," katanya.

Dia membuat pengaturan untuk dibaptis di perkemahan musim panas Advent pada tahun 2018.

Pasangan yang sudah menikah ini menjadi aktif di gereja dan berpartisipasi dalam pertemuan doa. Pasi memasak di dapur gereja untuk orang-orang yang datang ke dapur makanan. Perubahan besar dalam dirinya terbukti bagi semua. Suatu malam, wajahnya bersinar dengan sukacita saat dia memasak.

Pagi berikutnya, Krista, menemukannya meninggal di dapur rumah mereka. Dia berusia 51 tahun.
Pemakaman diadakan di gereja Advent, dan pelayanan itu meninggalkan kesan besar pada keluarga besarnya, yang hadir. Krista, 40 tahun, aktif di gereja saat ini dan ibunya sendiri sudah mulai menghadiri kebaktian hari Sabat.

Secara keseluruhan, 10 orang telah dibaptis dalam lima tahun sejak pantri makanan dibuka.

Riitta-Liisa berterima kasih kepada Tuhan atas setiap pembaptisan, tetapi mungkin dia paling takjub tentang Esko.

"Dia adalah seorang ateis yang memimpin teman-temannya kepada Kristus," katanya. "Dia sangat senang ketika teman-temannya mulai menghadiri gereja. Dia telah membawa seseorang kepada kehidupan yang lebih baik."
Oleh: Andrew McChesney.

Komentar

Posting Komentar