Berita Mission 14 Desember 2019|Sabat 11|Tidak Rugi

 Sekolah Sabat Bahasa Inggris
Sekolah Sabat Bahasa Inggris


Tidak Rugi

Dua tahun pertama studi di Universitas Addis Ababa dilalui oleh Sintayehu Berhanu. Tetapi kemudian seorang guru menjadwalkan ujian statistik akhir untuk hari Sabtu. Tanpa nilai kelulusan, Sintayehu tidak akan lulus.

Pemuda Etiopia itu berhasil dengan baik di kelas, dan ia mendekati guru untuk meminta bantuan. "Saya percaya bahwa hari Sabtu adalah hari Sabat," katanya. "Saya menghabiskan sepanjang hari melayani Tuhan. Bisakah saya tetap di gereja?"

Guru itu tertawa mengejek.

"Ini adalah institusi akademis," katanya. "Kami bebas dari agama dan tidak bisa menerima kasus seperti ini."
Sintayehu bertahan. "Maaf, tetapi ini keyakinan saya," katanya. "Maukah Anda mengubah hari ujian?';

"Itu tidak mungkin," kata guru itu.

Sintayehu, seorang Advent pertama di keluarganya, memberi tahu kerabat tentang situasinya dan meminta mereka untuk berdoa. Namun sebaliknya, mereka menekannya untuk mengikuti ujian. Seorang paman yang tinggal di Jerman mengingatkannya bahwa ia, sebagai saudara tertua, bertanggung jawab atas enam adik lelaki dan dua saudara perempuan. Orang tua mereka telah meninggal beberapa waktu sebelumnya.

Seorang kerabat di Amerika Serikat melihat celah. "Mengapakah kamu tidak mengikuti ujian dan dibaptis lagi sesudahnya?" katanya."lni seperti mandi. Terkadang mereka melakukannya seperti itu di Amerika Serikat."

Sintayehu, yang telah dibaptis saat masih kecil di Sekolah Misi Akiki, menolak saran itu. "Saya percaya bahwa baptisan dilakukan satu kali," katanya. "Kau seharusnya tidak berencana melakukannya lagi dan lagi. Tuhan duduk di atas takhta, dan Dia memberitahu kita untuk memelihara Sabat"

Bahkan seorang pendeta Advent mendesaknya untuk mengikuti ujian.

"Setan menipu Anda," katanya. "Dia berusaha membatalkan semua upaya yang telah kamu lakukan untuk pendidikanmu.”

Tetapi Sintayehu menolak untuk mundur.

"Saya percaya bahwa Tuhan ada di surga, dan Dia tahu apa yang terjadi dalam hidup saya," katanya. "Jika Dia tahu dan tetap diam, maka Dia memiliki sesuatu yang lebih baik untuk saya. Saya harus menunggu."

Sintayehu tidak lulus ujian, dan gurunya memberinya nilai yang gagal. Tetapi Sintayehu tidak sedih. Dia pikir dia tidak akan rugi apa-apa.

Tahun berikutnya, ia mengambil kembali kelas statistik. Guru yang sama mengajar di kelas, dan dia menjadwalkan ujian akhir untuk hari Sabtu. Lagi-lagi, dia tidak ikut ujian dan gagal. Ketiga kalinya ia gagal, ia dikeluarkan dari universitas. Peraturan universitas menetapkan bahwa seorang siswa harus keluar dari universitas itu setelah gagal tiga kali.

Sintayehu berpikir itu adalah akhir dari pendidikannya, tetapi dia tidak khawatir. Dia pikir dia tidak akan rugi apa-apa.

Tips Cerita

> Bagikan bahwa Sintayehu dibaptis di kelas tujuh dan pengalaman kepemimpinan gereja pertamanya berasal dari membaca kisah misi mingguan kepada 1.000 rekan siswa di Sekolah Sabat Mungkin dia akan membacakan kisahnya sendiri di kelas Sekolah Sabat di Ethiopia saat ini!

> Bagikan bahwa Sintayehu mengklaim Roma 8:28 berulang kali selama konflik hari Sabat. Bunyinya, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah"
> Bagikan bahwa motonya adalah: "Saya percaya bahwa Tuhan duduk di atas takhta-Nya, dan Dia tahu dan melihat apa yang terjadi pada saya. Ketika saya memberi-Nya seluruh tanggung jawab, saya merasa lega. Saya duduk dan melihat apa yang Dia lakukan, dan jangan khawatir tentang itu."
> Tonton video YouTube dari Sintayehu: bitly/Sintayehu-Berhanu. > Unduh foto dari halaman Facebook kami: bit.ly/fb-mq.
> Unduh foto resolusi tinggi dan lebih banyak lagi dari bank data ADAMS: bit.ly/Tidak ada-untuk-Kecil-Etiopia
> Unduh foto resolusi tinggi dari proyek Sabat Ketigabelas dari ADAMS: bit.ly/ECD-projects-2019
Dia menemukan pekerjaan mengajar di sebuah prasekolah Advent di Debrezeit, sebuah kota yang terletak 40 kilometer dari Addis Ababa. Setahun berlalu. Kemudian universitas mengumumkan bahwa mereka mengubah peraturannya. Semester sebelumnya, telah dipaksa untuk mengeluarkan sejumlah besar siswa yang gagal kelas tiga kali. Jadi,mereka memutuskan untuk menyambut kembali siswa dengan nilai rata-rata 2,0 atau lebih tinggi.

Sintayehu kembali ke universitas dan mengambil kelas statistik untuk keempat kalinya. Mantan gurunya telah meninggalkan universitas, dan dia dengan mudah lulus dari kelas statistik. Ketika dia lulus, sebuah sekolah Advent di Addis Ababa segera menawarkan pekerjaan kepadanya karena reputasinya yang baik dari mengajar di prasekolah. Kemudian dia mendapatkan gelar master dan melanjutkan bekerja untuk Adventist World
Radio. Saat ini, dia adalah produser televisi untuk gereja Advent.

Salah satu kegiatan favorit Sintayehu adalah bertemu dengan siswa Advent di kampus lamanya di Universitas Addis Ababa dan mendorong mereka. Banyak siswa menghadapi kelas pada hari Sabat. Sintayehu memberitahu mereka untuk menaati Tuhan dan memelihara Sabat-dan kemudian mereka tidak akan kehilangan apa pun.

"Teman-teman sekelas saya berpikir bahwa saya kehilangan banyak ketika saya dikeluarkan dari universitas," katanya kepada mereka. "Mereka lulus dan langsung dipekerjakan. Tetapi sekarang aku lebih baik. Jika mereka dipecat atau menghadapi kesulitan lain, mereka bisa kehilangan segalanya. Tetapi saya tidak akan rugi. Saya memiliki Tuhan, dan Dia adalah segalanya bagi saya."

Oleh: Andrew McChesney.