Berita Mission 9 November 2019|Sabat 6|Pengkhotbah di Bus



Pengkhotbah di Bus


Beberapa orang membaca buku atau bermain game di ponsel saat naik bus ke kantor.

Samuel Ndagijimana berkhotbah.

Samuel berbicara tentang Yesus dan kedatangan-Nya yang segera ketika dia pergi bekerja setiap pagi di Ibu Kota Rwanda, Kigali.

Dia tidak pernah tahu apakah kata-katanya berdampak pada pendengar.

Sampai suatu hari.

Samuel sedang menyeberang jalan Kigali ketika seorang wanita  memanggilnya.
"Pendeta, tolong berhenti," katanya.

Samuel bukanlah seorang pendeta, tetapi ia terbiasa dengan orang-orang yang menyapanya pendeta karena praktik pengabarannya di bus. Dia berhenti dan menatap wanita itu dengan bingung.

"Aku tidak mengenalmu," katanya. "Apakah kita pernah bertemu?"

"Anda melakukan pekerjaan yang sangat baik, tetapi mungkin Anda tidak mengetahuinya," kata wanita itu. "Kita bertemu di bus, dan Anda berkhotbah tentang masalah yang saya alami."

Wanita itu mengingatkan Samuel bahwa pada suatu pagi dia telah berkhotbah tentang mengutamakan Tuhan.

"Kamu berkata,' ketika kamu tiba di tempat kerja, jadikanlah Tuhan yang pertama dalam rencanamu. Jadikan Tuhan yang utama dalam apa pun yang Anda katakan. Jadikan Tuhan yang pertama dalam semua yang Anda lakukan," katanya.
Pesan itu meyakinkannya untuk membuat keputusan penting segera setelah dia tiba di tempat kerjanya.

"Ketika saya tiba di tempat kerja, saya memiliki masalah yang sangat menantang," katanya.

"Saya bertelut di kantor saya dan berdoa,'Tuhan, abdi Allah yang berkhotbah pagi ini mengatakan kami harus menjadikan Engkau yang pertama. Bantu saya untuk menjadikan Engkau yang pertama."

Setelah berdoa, dia merasa lebih kuat. Dia tahu apa yang akan dia katakan kepada bosnya.

Beberapa jam berlalu, dan bosnya muncul di tempat kerja.

Dia langsung datang ke mejanya. "Kapan kita bisa pergi?"tanyanya.

"Bos saya, saya tidak akan berbuat dosa "jawabnya. "Aku tidak bisa pergi denganmu karena tiga alasan. Pertama, saya seorang wanita yang sudah menikah, dan saya harus setia kepada suami saya. Kedua, saya seorang Kristen, dan saya tidak akan berbuat dosa terhadap Juruselamat saya. Ketiga, saya seorang pemimpin di gereja saya, jadi saya harus menjadi teladan bagi orang lain."

Bos terkejut.

"Saya sudah mendekati Anda berkali-kali, dan Anda tidak pernah mengatakan ya atau tidak," katanya. "Mengapa? Anda mendengar permintaan saya, tetapi Anda tidak membuat keputusan apa pun."

Matanya menyipit karena marah.

Fakta Singkat
> Pekerjaan Advent di tempat yang sekarang Rwanda, dimulai oleh D.E. Delhove, seorang pekerja muda dari Belgia, tak lama setelah Perang Dunia I. Pada pecahnya perang pada tahun 1914, Delhove direkrut menjadi tentara Belgia dan bertugas selama tahun-tahun perang melakukan pekerjaan klerikal dengan pasukan Belgia di bagian Afrika Timur yang kemudian menjadi Rwanda. Setelah perang, dia dan keluarganya tugaskan menjadi utusan Injil ke wilayah yang tidak terpusat ini. Delhove mencari situs untuk membangun sebuah stasiun dan dia diberi tanah seluas 50 hektar di utara kota Nyanza, di punggung rendah yang dikenal sebagai Bukit Tengkorak. Penduduk setempat yang percaya takhayul menghindari daerah itu karena mereka percaya tempat itu pernah dikutuk oleh raja Rwanda. Di sini fondasi diletakkan untuk Misi Gitwe.
Tips Cerita> Unduh foto beresolusi sedang untuk cerita ini dari halaman Facebook kami: bit.ly/ fb-mq.
"Kau akan dipecat karena hal ini," geramnya dan langsung keluar ruangan.

Wanita itu menelan ludah dan berdoa. Dia tidak ingin dipecat. "Ya Tuhan, aku memuliakan Engkau atas pekerjaanku," katanya. "Aku yang menjadikanmu yang pertama. Jika saya dipecat, tolong rawat anak-anak saya."

Untuk dipecat, dia harus menerima surat pemecatan dari bosnya. Dia pikir surat itu akan dikirim pada hari berikutnya, tetapi ternyata tidak. Hari kedua berlalu, dan tidak ada surat. Malam itu, di berita televisi, dia mendengar bosnya dipecat. Dia menangis dan memuji Tuhan.

Di jalan, wanita itu memberi tahu Samuel: "Saya seharusnya dipecat, tetapi saya tetap bekerja. Saya tidak berterima kasih kepada Tuhan bahwa bos saya dipecat.

Saya berterima kasih kepada Tuhan karena Dia melindungi 
mereka yang mengutamakan Dia." Samuel bertekad untuk terus menginjil di bus. Dia juga terkadang berkhotbah di jalan. Tetapi yang terpenting, katanya, dia berusaha untuk berkhotbah tanpa kata-kata. Dengan bantuan Tuhan, Dia mengizinkan penampilan dan tindakannya untuk menyingkapkan Kristus kepada orang lain. 

Para anggota Gereja di seluruh dunia juga mengkhotbahkan sebuah khotbah tanpa kata-kata ketika mereka berkontribusi pada Persembahan Sabat Ketiga Belas tahun 2016 untuk membuka sekolah kedokteran di kampus Universitas Advent Afrika Tengah di Kigali. Samuel mengatakan dia bersyukur untuk sekolah kedokteran, yaitu para guru dan siswa membantu menyebarkan Injil di sekitar Rwanda.

Oleh: Andrew McChesney