Berita Mission 16 November 2019|Sabat 7|Anak Yatim Piatu karena Genosida


Anak Yatim Piatu karena Genosida

Orang tua saya meninggal dalam peristiwa genosida 1994 di Rwanda.

Ingatan saya yang paling awal adalah menangisi kehilangan orang tua saya di panti asuhan Kristen. Saya berulang kali bertanya kepada anggota staf kapan saya bisa melihat ibu saya.

"Kamu akan melihatnya," mereka meyakinkan saya.

Saya pikir ibu saya telah pergi ke suatu tempat dan saya menunggu dia kembali. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya merasa lebih putus asa.

Di antara anggota staf adalah perempuan yang ditunjuk sebagai ibu asuh. Ibu asuh saya adalah seorang Advent bernama Brigitte.
Ibu baru saya membawa saya ke gereja, dan saya menyukai perubahan suasana. Anggota gereja yang baik.

Tetapi pemerintah menutup semua panti asuhan ketika saya berusia 7 tahun, dan saya diadopsi oleh sebuah keluarga. Saya berharap keluarga ini akan mencerahkan hidup saya, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Awainya, keluarga ini memperlakukan saya dengan kasih sayang. Mereka memiliki seorang putri bernama Mutesi yang seusiaku.

Ini menambah kebahagiaan saya karena saya berharap orang tuanya mencintaiku sebagaimana mereka mencintainya. Namun mereka tidak melakukannya.


Fakta Singkat

> Rwanda adalah negara pedesaan, dengan sekitar 90 persen populasi terlibat dalam pertanian.

> Rwanda adalah salah satu dari tiga negara di Afrika tempat Anda dapat mengunjungi gorila gunung di alam liar. Gorila adalah kera yang paling umum di wilayah Afrika tengah, yang meliputi bagian barat Rwanda, Pariwisata gorila adalah kegiatan utama yang menghasilkan Rwanda jutaan dolar per tahun.
Tips Cerita
> Mintalah seorang wanita muda untuk membaca cerita ini.
> Ketahuilah bahwa Delphine mengalami trauma lebih lanjut dengan mengunjungi Situs Memorial Genosida Kigali sebagai siswa sekolah menengah. Setelah melihat kengerian genosida, dia tidak berbicara selama enam bulan. Ketika dia mulai berbicara lagi, suaranya telah berubah secara permanen.
> Tonton video YouTube dari Delphine: bit.ly/Delphine-Uwinez.
> Unduh dari halaman Facebook kami: bit.ly/fb-mq.
> Unduh foto dari bank data ADAMS: bit.ly/Orphan-of-Genocide.

Di pagi hari, saya harus membersihkan rumah dan mengambil air sebelum sekolah. Tugas-tugas membuat saya terlambat ke kelas, dan guru menghukum saya. Kadang-kadang guru memerintahkan saya untuk pulang, tetapi saya harus menunggu di luar gedung sekolah sampai kelas berakhir untuk berjalan pulang dengan saudara perempuan angkat saya.

Ibu baru saya tahu bahwa dia adalah penyebab masalah saya, tetapi dia tidak melakukan apa-apa.

Segera, dia mulai mengekspresikan kebenciannya secara terbuka. Dia menolak memberi saya makan pada waktu makan dan memerintahkan saya untuk berhenti meneleponnya.

"Aku bukan ibumu," katanya. Mutesi, tidak seperti ibunya, mencintaiku. Dia menangis ketika dia melihat saya dianiaya. Dia memberi saya makanan dan susu, meskipun ibunya memarahinya karena berbagi susu dengan saya. Ayah Mutesi juga mencintaiku.

Semuanya berlalu sampai pada akhir tahun sekolah ketika saya berusia 13 tahun. Saya lulus ujian, tetapi Mutesi tidak. Ketika kami kembali ke rumah hari itu, ibu Mutesi mengusir saya dari rumah. Untungnya, keluarga-keluarga dan anak yatim piatu yang lain merasa kasihan pada saya dan menolong saya selama beberapa tahun ke depan. Pemerintah juga membantu. Saya tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah.

Ketika saya tumbuh menjadi seorang dewasa muda, kehidupan tampak semakin tanpa harapan. Saya membenci semua orang, dan saya yakin bahwa semua orang membenci saya. Saya bertanya-tanya apakah Tuhan mengenal saya, dan saya membencinya. Saya mencoba bunuh diri dengan minum alkohol dalam jumlah yang banyak tetapi gagal.

Suatu hari, saya sedang berjalan di jalan di Kota Nyamata ketika saya mendengar suara pengkhotbah menggema di atas pengeras suara. Pendeta, Frederic Musoni, sedang mengadakan pertemuan penginjilan di gereja Advent. 'Apakah kamu ingin dipulihkan?" Dia bertanya. Kedengarannya dia berbicara langsung kepada saya. Saya mendengarkan sebentar. Saya merasakan suara yang berkata dalam hati saya:"Bersenang-senang-lah. Aku cinta kamu."

Ketika pengkhotbah mengajukan permohonan, suara itu berbicara lagi di hati saya, dan saya menjawab. Di dalam gereja, pendeta itu berdoa untuk saya, dan saya pulang dengan penuh sukacita. Malam itu aku tidur nyenyak untuk pertama kalinya dalam hidupku.

Saya dibaptis dengan sekitar 150 orang di akhir pertemuan penginjilan. Kami berada di antara 110.000 orang yang memecahkan rekor baptisan terbanyak setelah
pertemuan tiga minggu di 2.027 lokasi di Rwanda pada Mei 2016. Ketika saya keluar dari air pembaptisan, saya merasakan kedamaian dan kebebasan di hati saya. Saya mulai mencintai orang lain, dan saya menyadari bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan saya. Saya mengasihi Yesus yang telah mati untuk saya dan saya percaya Dia akan mengembalikan orang tua saya.

Saat ini, saya 25 tahun, dan saya membuat serta menjual kerajinan tangan.

Jika Anda adalah orang tua di rumah yang nyaman, silakan merawat anak yang membutuhkan. Hindari mengucapkan kata-kata marah kepada seorang anak karena, bahkan setelah tumbuh dewasa, anak itu tidak akan pernah melupakan apa yang dia dengar. Jika Anda menderita, mungkin , karena Anda, seperti saya, tidak dibesarkan oleh orang tua Anda, ketahuilah bahwa kedamaian hanya terletak pada membiarkan Yesus menjadi milik Anda sepenuhnya. Yesus adalah Orang tua sejati, Penghibur, dan Pemberi kedamaian.

Oleh: Andrew McChesney