Sekolah Sabat 28 Mei 2019 - Kehilangan Kepercayaan, Lanjutan

Kehilangan Kepercayaan, Lanjutan

Dalam hal lain hilangnya kepercayaan adalah melalui kekerasan dalam keluarga. Tidak dapat dipercaya, penelitian menunjukkan bahwa rumah adalah tempat paling kejam di masyarakat. Kekerasan dalam rumah tangga menyentuh semua jenis keluarga, termasuk rumah tangga Kristen. Kejahatan adalah satu penyerangan yang bersifat—kata-kata, fisik, emosi, seksual, atau melalaikan secara pasif atau aktif—apa yang dilakukan oleh seorang atau lebih terhadap yang lain dalam keluarga.

Kitab suci memasukkan laporan mengenai kekerasan dalam keluarga, bahkan di antara umat-umat Allah. Apakah yang Anda pikirkan dan rasakan ketika Anda membaca ayat-ayat tersebut? Menurut Anda mengapakah cerita-cerita ini ada di dalam Kitab Suci?

Kej. 37: 17-28
2 Sam. 13: 1-22
2 Raj. 16: 3, 17: 17, 21: 6

Perilaku kasar adalah pilihan yang sadar dari seseorang untuk menjalankan kekuasaan dan mengatur orang lain. Tidak dapat dijelaskan atau dimaafkan oleh karena alkoholisme, stres, kebutuhan untuk memenuhi hasrat seksual, kebutuhan untuk kontrol kemarahan yang lebih baik, atau perilaku korban. Korban tidak bertanggung jawab karena menyebabkan pelaku melakukan kekerasan. Pelaku kekerasan memutarbalikkan dan merusak cinta, karena “kasih tidak berbuat jahat'" (Rm. 13: 10). Penanganan profesional dapat memfasilitasi perubahan dalam perilaku pelaku, tetapi hanya jika orang tersebut bertanggung jawab atas perilakunya dan mencari bantuan tersebut. Kepada mereka yang akan membuka diri terhadap kehadiran-Nya, Tuhan sanggup melakukan jauh lebih banyak untuk membantu mereka, bertobat dari sikap dan perilaku mereka, berusaha untuk pulih dalam segala cara, dan merangkul kualitas cinta agape untuk menyembuhkan hati mereka sendiri dan mencintai orang lain (Ef. 3: 20).

Cobalah untuk menempatkan diri Anda sebagai seorang yang trauma karena kekerasan. Kata-kata penerimaan, menghibur, dan harapan apakah yang ingin Anda dengarkan? Mengapakah hal itu penting untuk memberikan rasa aman dan kepedulian daripada menawarkan saran bagaimana untuk hidup yang lebih baik dengan pelaku kekerasan?
64 Masa-masa Keluarga, oleh Claudio dan Pamela Consuegra
Selasa
28 Mei