Berita Mission 28 Januari 2017-Berjalan Di Taman


Sejak awal masa kecilnya Dorota ingin mendengar suara Tuhan. Itu adalah keinginan yang tidak biasa bagi seorang anak tumbuh di negara Eropa Timur, Polandia.

Meskipun ia baru berusia lima tahun, Dorota setia pergi dengan kakeknya ke Gereja Roma Katolik setiap minggu. Tapi pada satu hari Minggu setelah ibadah dia tiba-tiba mengatakan: "Oh, Kakek! Saya sedih saya tidak mendengar Tuhan di gereja ini."

Membawanya ke ladang pedesaan yang indah dan padang rumput, kakeknya berkata: "Sekarang Anda dapat membuka hati dan pikiran dan berbicara kepada Tuhan secara terbuka dan tulus, dan Dia akan mendengar Anda."

"Saya sangat senang," kenang Dorota, "karena sejak saat itu, saya benar-benar mendengar Tuhan." Setelah kematian kakeknya beberapa tahun kemudian, Dorota merasa seperti "sesuatu yang aneh terjadi, tidak sesuai dengan kebanyakan orang. Banyak orang tidak mengerti hubungan saya dengan Tuhan," katanya.

Masalah Kesehatan

Saat tahun-tahun berlalu, Dorota terus dekat dengan Tuhan, berdoa kepada-Nya setiap hari. Dia akhirnya menikah dan memiliki seorang putra dan putri. Namun, sayangnya kesehatan Dorota memburuk. Dia berdoa dengan khusyuk, tapi tampaknya tidak ada bantuan yang terlihat

"Kata orang kepada saya: Anda begitu rajin berdoa. Jika Tuhan itu ada, Dia tidak akan membiarkan Anda untuk menderita. 'Tapi saya bertahan dalam doa-doa saya," kata Dorota. "dan saya percaya bahwa Dia akan membantu saya melalui masa sulit ini Dia tidak pernah meninggalkan saya. Saya selalu merasakan kehadiran-Nya."


Fakta Terkini➥Polandia adalah negara pertama di Eropa yang memiliki konstitusi.
➥Polandia adalah tempat kelahiran dari astronom Nicolaus Copernicus (1473-1543)           adalah orang pertama yang mengusulkan bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta.
➥Alfabet Polandia terdiri dari 32 huruf.

Dorota memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Irlandia Utara di mana ia pernah mendengar bahwa dia mungkin mendapatkan bantuan untuk masalah kesehatannya. Sesampainya di Belfast, ia dapati bahwa ia tidak memiliki penyakit yang didiagnosis sebelumnya. Beberapa waktu kemudian, Dorota merasa lebih baik dan memutuskan untuk menetap di kota kecil Carryduff, hanya beberapa mil dari Belfast Selatan.

Di Taman

Dorota menikmati taman di Carryduff dan kadang-kadang pergi ke sana dengan putrinya yang sudah dewasa. Suatu hari karena mereka berdua berjalan dan bercakap-cakap dalam bahasa Polandia, mereka bertemu dengan seorang wanita berbicara bahasa Polandia pada ponselnya. Tiba-tiba, ketiga wanita ini berhenti dan tersenyum. Memperkenalkan diri, mereka bertiga mulai bercerita tentang apa yang telah membawa mereka ke Irlandia Utara, bahwa mereka berasal dari Polandia, dan sebagainya. Akhirnya, percakapan beralih ke masalah agama, dan Barbara—wanita dengan ponselnya—membagikan imannya.

Menjelaskan bahwa dia adalah seorang anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Barbara mengundang keduanya untuk mempelajari Alkitab dengan dia. Dorota senang! Selain belajar Alkitab, Barbara juga memperkenalkan mereka ke siaran lewat internet yaitu Hope Channel Polandia, termasuk program Hope Channel yang populer yaitu Sekolah Sabat yang diterjemahkan ke dalam bahasa Polandia.

Betapa Bahagianya

Dorota sangat senang dan mulai menghadiri pertemuan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh secara teratur. 'Saya selalu ingin dibaptis, dan melalui Barbara saya belajar bahwa Anda dapat dibaptis sebagai orang dewasa [bukan sebagai bayi]." Segera Dorota membuat rencana untuk dibaptis, tetapi ingin acara khusus ini berlangsung di tanah airnya.

Kembali ke Polandia supaya dia dibaptis di sana, salah satu penyesalan Dorota adalah bahwa anak-anaknya telah dewasa dan saat ini tidak dapat bersama dengan dia.'Saya berdoa dengan khusyuk bahwa entah bagaimanapun caranya supaya anak-anaknya dapat berpartisipasi dalam upacara tersebut," katanya. “Dan mereka melakukannya! Berkat-siaran langsung Hope Channel Polandia melalui internet mereka dapat bersama-sama dengan saya. Banyak dari teman-teman dan keluarga dapat menonton acara pembaptisan saya. Mereka sangat tersentuh; mereka menangis. Betapa bahagianya."

Satu Jam Tidaklah Cukup

Sekarang kembali di Irlandia Utara, Dorota mengatakan bahwa setiap hari Sabat"satu jam berada di gereja tidaklah cukup.” Setelah kebaktian, ia mengundang sahabatnya sesama orang Polandia ke rumahnya yaitu mereka "menonton Hope Channel dengan program Sekolah Sabat dan hal-hal rohani lainnya sepanjang Sabat."

Begitu juga dengan temannya yang bukan Advent di Polandia, ia mengundang mereka untuk menonton program Sekolah Sabat di Hope Channel Polandia, dan kemudian Skypes dengan mereka untuk mendiskusikan ide-ide yang disajikan pada program itu.

"Saya bersyukur kepada Tuhan atas penyakit yang memaksa saya untuk datang ke Irlandia," kata Dorota. "Saya benar-benar dapat mengenal Tuhan, dan berterima kasih karena telah mengenal Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Sekarang saya tidak merasa asing lagi dengan hal yang tidak sesuai, tidak melakukannya lagi. Saya merasa seperti saya datang ke rumah"

Rencana Besar

Dorota senang setelah mengetahui bahwa bagian Persembahan pada Sabat Ketigabelas akan digunakan untuk pembangunan sebuah studio baru untuk Hope Channel Polandia Saat ini, semua staf bekerja di lantai dasar yang sangat kecil di kantor Uni Konferens Polandia di Warsawa.

"Ini adalah rencana besar karena [studio baru] sangat dibutuhkan,"katanya. "Mereka melakukan pekerjaan yang besar di sini, dan mereka membutuhkan tempat yang lebih nyaman dan peralatan untuk mempersiapkan program secara profesional."

Sementara itu, Hope Channel Polandia terus menyalurkan program melalui internet. "Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Hope Channel Polandia karena saya dapat menonton siaran Sekolah Sabat dan program lainnya dalam bahasa saya," kata Dorota. "Ini merupakan bantuan besar bagi banyak orang Polandia yang tinggal di luar negeri.

"Putri saya dan saya berharap untuk menghadiri pertemuan kamp di Polandia," lanjutnya, "tapi tiket sangat mahal, jadi saya tidak tahu apakah itu akan mungkin terjadi. Tapi jika tidak, Hope Channel Polandia adalah pilihan!"