6 Salah Kaprah Dalam Pelayanan




6 Salah Kaprah Dalam Pelayanan

Gambaran tentang pelayanan gereja kadang kala bisa beda-beda antara satu gereja dengan gereja lain. Ada yang jemaatnya malu-malu dan susah banget diajak ikut pelayanan di gereja. Sebaliknya, ada juga yang sampe berebut buat gabung tim pelayanan. Nah, kamu mungkin ada yang udah ikut pelayanan, mungkin ada juga yang belum karena satu atau beberapa sebab. Nah, artikel berikut ini bukan mau menghakimi atau menuduh. Tapi, seperti biasa, semoga apa yang disampaikan bisa jadi bahan introspeksi mengenai pandangan kita selama ini tentang pelayanan gereja.

1. Kan Udah Banyak yang Pelayanan?
Ngapain ikut pelayanan, kan udah banyak yang ikut? Kalo semua pelayanan, siapa donk yang jadi jemaat? Pendapat bahwa pelayanan itu hanya buat sebagian (kecil) jemaat adalah salah satu pendapat yang umum. Sayangnya, itu salah kaprah. Buktinya dalam firman Tuhan yang mendorong kita melayani Tuhan dan sesama (Rm. 12:11,1 Pet. 4:10), ga ada tuh keterangan kalo itu cuma buat sebagian orang Kristen aja. Itu perintah buat semua. Bahkan jauh lebih baik kalo gereja kecil tapi semua jemaatnya melayani sesuai panggilan en talentanya masing-masing daripada gereja gede en jemaatnya ribuan tapi yang pelayanan hanya itu itu doank.

2. Aku 'kan Bukan Siapa-Siapa?
Aku mah apa atuh? (plis, jangan dinyanyikan). Aku kan jemaat baru? Aku kan masi sekolah? Aku ga layak pelayanan! Itu intinya. But, u know what? Itu pandangan yang keliru! In fact, nggak ada manusia yang layak melayani Dia. Tapi, karena kasih-Nya, maka kita semua (yup, semua!) kini telah dilayakkan. So, jangan pernah berpikir hanya orang tertentu aja yang layak melayani-Nya.



3. Pelayanan Level Top, Pelayanan Level Bawah
Kadang kita menganggap pelayanan itu seperti kelas-kelas di hotel atau transportasi umum. Yang khotbah ada di level paling top, Pemimpin Pujian di kelas bawahnya dikit, selanjutnya, dst Sementara pelayanan mengedarkan kantong persembahan apalagi jadi driver menjemput jemaat, itu level bawah. Kok bisa ada pemikiran kayak gitu sih? Bukankah FirTu bilang kita melayani sesuai karunia yang diberikan Tuhan (1 Pet. 4:10)? Bukankah kaki ngga bisa bilang ia ga butuh atau ga perlu menghormati mata coz semua punya fungsi (1 Kor. 12)?


4. Pelayanan Hanya Soal Talenta, Titik,
Kalo semua orang maunya melayani sebagai pemain musik or memimpin pujian, siapa yang akan menangani IT/multimedia? Demikian juga kalo semua jemaat pada malu tampil di mimbar dan maunya ikut pelayanan doa, itu pun ngga baik. Pelayanan emang harus sesuai talenta, tapi kita juga ga boleh ngotot. Kita juga kudu bisa ngerti kebutuhan gereja. Apalagi kalo kita masih belum melayani, pekalah dengan kebutuhan gereja, dan bantulah di situ. 

5. Baru Kenal Tuhan Ngga Boleh Melayani 
Kalo orang baru baca Alkitab selembar dua lembar lalu boleh khotbah itu memang ga tepat. Tapi, melayani ada banyak banget macemnya kan? Boleh percaya boleh enggak, melayani itu justru sering kali akan bikin kita lebih mengenal Tuhan dan mempraktikkan firman-Nya. Jangan kebalik, jangan kita nunggu udah jadi sarjana teologi dulu baru ikutan pelayanan




6. Yang Ikut Pelayanan adalah Orang-Orang "Suci"
Siapa bilang? Jangan kaget kalo di antara sesama pelayan Tuhan pun bisa, bahkan sering kali, terjadi gesekan, konflik, atau kesalahan. Bukankah di antara para murid Papi-J sendiri itu terjadi (Mrk 9:34)? Sebelum mulai ikut pelayanan, kita harus ngerti hal ini. Di dalam pelayanan, Amsal yang berkata besi menajamkan besi, akan terjadi. Pelayanan bukanlah tempat kita mendapat Kenyamanan atau enak-enak berada di "posisi elit" di gereja, tapi pelayanan adalah bicara Pengorbanan, memberi yang terbaik bagi Tuhan, mau rendah hati, dan mengasihi.